Sejarah Berdirinya Prodi S3 Teknik Sipil

 

S3 T.Sipil

 

Sejarah Singkat

Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil (PS-DITS) didirikan berdasarkan SK No. 937/H5.1.R/SK/PRS/2009, tanggal 11 Mei 2009, yang ditandatangani oleh Rektor USU Prof. Chairuddin P. Lubis, DTM&H, DSAK. Semenjak penerimaan mahasiswa pada Tahun Akademik 2010/2011 sampai Tahun Akademik 2016/2017, PS-DITS sudah menerima mahasiswa sebanyak 4 orang dan sampai saat ini belum ada alumni.

 

Visi

Menjadi PS-DITS di Sumatera Utara yang terakreditasi tertinggi sehingga mampu berkembang dan diakui dalam kompetisi IPTEKS dan riset terapan di bidang Teknik Sipil di tingkat global.
 

Misi

Untuk mewujudkan visi PS-DITS USU tersebut, maka misi PS-DITS adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan PS-DITS yang menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinekaan, inovatif yang berintegritas, tangguh dan profesional.
  2. Menyelenggarakan dan mendukung kegiatan riset terapan berbasis disertasi dengan topik riset yang bermanfaat untuk pengembangan keilmuan dan pembangunan bangsa dan negara. Program riset terapan didorong berkualifikasi global antara lain direncanakan riset bersama dengan ITB Bandung dan USM Malaysia.
  3. Mengusahakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Tujuan

Sejalan dengan misi yang diemban dalam rangka pencapaian visi, maka tujuan Program Studi (PS) Doktor adalah menghasilkan lulusan S3 di bidang ilmu teknik sipil yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Mempunyai dasar yang kuat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik sipil melalui riset terapan
  2. Mempunyai kemandirian dan kemampuan merencanakan, melaksanakan dan melaporkan program penelitian dalam bidang teknik sipil
  3. Mempunyai kecakapan dalam menulis hasil penelitian dalam bentuk prosiding internasional dan paper maupun jurnal yang terakreditasi internasional
  4. Mempunyai kemampuan untuk bekerjasama dan berpikir interdisipliner dalam berkarya di bidang teknik sipil
  5. Mempunyai kualifikasi global/internasional melalui kerjasama riset terapan dengan universitas ternama di dalam dan luar negeri.
 
Sasaran dan strategi pencapaian

Mengingat dalam waktu dekat (3 tahun ke depan) belum terdapat lulusan Program Studi (PS) Doktor, maka dari tahun 2016 hingga 2020, Sasaran PS adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan proses akreditasi untuk meraih akreditasi tertinggi;
  2. Mempunyai kurikulum program Doktor,sesuai dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan pasar Sumatera Utara, nasional dan global;
  3. Mengusahakan mahasiswa yang baru terdaftar dapat lulus tepat waktu;
  4. Memenuhi seluruh sarana dan prasarana perkuliahan yang layak dan bermutu untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran;
  5. Menyampaikan bahan kuliah onlineyang disampaikan dosen untuk dapat diakses melaluiOpen CWare;
  6. Mengupayakan publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi;
  7. Menjalin kegiatan kerjasama penelitian internasional; dan
  8. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan institusi berbasis hasil penelitian.

Strategi untuk mencapai tujuan PS-DITS-USU dapat diuraikan pada Tabel 1.1.

Tabel 1.1: Strategi Pencapaian Tujuan PS-DITS-USU

No Sasaran Strategi Pencapaian
1 Melaksanakan proses akreditasi untuk meraih akreditasi tertinggi
  • Menyiapkan seluruh data dan dokumen pendukung.
  • Memperhatikan dan melaksanakan semua butir-butir penilaian akreditasi.
  • Menyiapkan borang 3A, Evaluasi Diri dan Renstra.
  • Melakukan pembimbingan dengan UMM dan aksesor Ban PT.
  • Mengimplementasikan sistem penjaminan mu
2 Mempunyai kurikulum program Doktor, sesuai dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan pasar Sumatera Utara, nasional dan global
  • Melakukan diskusi evaluasi kurikulum dengan para staf pengajar.
  • Melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh pelaku di bidang industri.
  • Melakukan studi banding dengan program doktor sejenis (nasional maupun internasional).
3 Mengusahakan mahasiswa yang baru terdaftar, dapat lulus tepat waktu
  • Memonitor keberadaan dan kemajuan peserta didik.
  • Membentuk tim pengawas disertasi.
4 Memenuhi seluruh sarana dan prasarana perkuliahan yang layak dan bermutu untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran
  • Membuat renstra yang realistis.
  • Membuat proposal pemenuhan sarana dan prasarana untuk diajukan ke fakultas maupun universitas.
5 Menyampaikan bahan kuliah online yang disampaikan dosen untuk dapat diakses melalui Open Course Ware (OCW) USU
  • Menyediakan workshop untuk pembuatan OCW.
  • Memberikan reward untuk dosen yang membuat OCW.
6 Mengupayakan publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi
  • Mengikuti workshop penulisan untuk jurnal internasional.
  • Memberikan reward untuk dosen yang menghasilkan publikasi pada jurnal yang terindeks internasional.
7 Menjalin kegiatan kerjasama penelitian internasional
  • Mengupayakan joint supervision dan joint research.
  • Membuat ataupun mengikuti seminar internasional.
8 Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan institusi berbasis hasil penelitian
  • Membuat proposal untuk diajukan ke LPPM USU dan DIKTI.
  • Membangun kerjasama pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai institusi secara berkelanjutan.

Sedangkan target pencapaian sasaran PS-DITS-USU diuraikan pada Tabel 1.2.

Tabel 1.2: Target Pencapaian Sasaran PS-DITS-USU

No Sasaran 2016 2017 2018 2019 2020
1 Melaksanakan proses akreditasi untuk meraih akreditasi tertinggi B B B B A
2 Mempunyai kurikulum program Doktor, sesuai dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan pasar Sumatera Utara, nasional dan global (Persentase GBPP dan SAP) 40% 50% 65% 80% 100%
3 Mengusahakan mahasiswa yang baru terdaftar, dapat lulus tepat waktu 0% 0% 50% 80% 100%
4 Memenuhi seluruh sarana dan prasarana perkuliahan yang layak dan bermutu untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran 60% 70% 80% 90% 100%
5 Menyampaikan bahan kuliah online yang disampaikan dosen untuk dapat diakses melalui Open Course Ware (OCW) USU 10% 30% 50% 75% 100%
6 Mengupayakan publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi 1 2 4 7 10
7 Menjalin kegiatan kerjasama penelitian internasional 1 2 3 4 5
8 Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan institusi berbasis hasil penelitian 1 2 3 4 5

Target pencapaian ini direncanakan berdasarkan sumber daya yang ada pada PS-DITS-USU.

Sosialisasi

Visi, misi dan tujuan seperti di atas, dipersiapkan dengan melihat realitas dan berorientasi ke masa depan yang lebih baik, serta konsisten dengan perkembangan sains dan teknologi, budaya dan nilai-nilai pendidikan tinggi serta mencerminkan standar kompetisi. Sosialisasi yang berkelanjutan dilaksanakan oleh PS-DITS-USU melalui berbagai cara di antaranya:

  1. Mencantumkan visi, misi, dan tujuan pada poster, brosur, leaflet penerimaan mahasiswa baru, website PS yaitu http://mts.usu.ac.id, papan pengumuman, buku panduan, ruangan mahasiswa, ruang program studi dan ruang dosen serta ruang pertemuan maupun rapat;
  2. Menyampaikannya dalam berbagai kesempatan pada rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) dan Rapat Kerja Fakultas (RKF);
  3. Mensosialisasikan kepada seluruh staf pengajar, mahasiswa, tenaga kependidikan dan alumni melalui berbagai pertemuan; dan
  4. Menyebarluaskan melalui website FT USU yaitu http://ft.usu.ac.id dan banner yang ditempatkan di beberapa tempat yang strategisdan majalah Simetrikal Engineering FT USU.

Hal ini diharapkan dapat ditunjukkan dengan:

  1. Meningkatnya antusiasme mahasiswa untuk meningkatkan prestasi ke tingkat nasional sampai ke tingkat internasional
  2. Meningkatnya antusiasme mahasiswa dalam peningkatkan kompetensi baik dalam penggunaan bahasa asing, teknologi, dan keahlian lainnya, baik dalam mengikuti seminar, kuliah umum, pembekalan menggunakan SPSS, Blog, dan lain sebagainya yang bertujuan meningkatkan komptensi di bidang akademik dan dunia kerja
  3. Meningkatnya keinginan dosen untuk belajar menggunakan blog agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan mahasiswa tidak hanya secara langsung namun juga secara tidak langsung dengan menggunakan media internet yaitu blog, untuk menunjang pembelajaran yang lebih efektif
  4. Termotivasinya dosen untuk menciptakan metode pembelajaran yang kreatif dan mudah dimengerti mahasiswa serta menggunakan contoh yang relevan dalam perkuliahan sehingga mahasiswa dapat jauh lebih memahami mengenai materi yang disampaikan dengan harapan dapat meningkatkan dan menciptakan mahasiswa yang berkompeten
  5. Termotivasinya dosen PS DIT-USU untuk  melakukan penelitian dan memuat hasil penelitian di jurnal nasional maupun internasional serta prosiding dan call for paper.
  6. Termotivasinya dosen yang melaksanakan pengabdian pada masyarakat meningkat  jumlahnya
Masa Studi dan Beban SKS
Masa Studi direncanakan selama 7 semester dengan jumlah beban kredit 50 SKS.Selengkapnya kurikulum PS-DITS USU disajikan sebagai berikut:

Kurikulum PS-DITS-USU

Sem.

Kode

MK

Nama Mata Kuliah

Bobot

SKS

(1) (2) (3) (4)
1 TS 800 Filsafah Ilmu 3
TS 801 Metodologi Penelitian 3
TS Mata Kuliah Pilihan 3
Jumlah SKS Semester 1 9
2 TS 815 Penyusunan Proposal 5
TS 816 Seminar Proposal 1
TS 817 Ujian Kualifikasi 2
TS Mata Kuliah Pilihan 3
Jumlah SKS Semester 2 11
3 TS 901 Penelitian Tahap I: Seminar I 5
Jumlah SKS Semester 3 5
4 TS 902 Penelitian Tahap II: Seminar II 5
Jumlah SKS Semester 4 5
5 TS 903 Penelitian Tahap III: Seminar III 5
Jumlah SKS Semester 5 5
6 Publikasi Penelitian 3
TS 904 Penulisan Disertasi 5
Jumlah SKS Semester 6 8
7 TS 905 Seminar Hasil Penelitian 2
TS 910 Ujian Disertasi (Tertutup) 3
TS 911 Ujian Disertasi (Terbuka) 2
Jumlah SKS Semester 7 7
Total SKS 50

 Mata Kuliah Pilihan PS-DITS-USU

No.

Kode

MK

Nama Mata Kuliah

Bobot

SKS

(1) (2) (3) (4)
1 TS 802 Metode Elemen Hingga Lanjut 3
2 TS 803 Mekanika Kontinum 3
3 TS 804 Teori Plat dan Cangkang 3
4 TS 805 Mekanika Fraktur dan Fatique 3
5 TS 806 Topik Khusus Rekayasa Struktur 3
6 TS 808 Topik Khusus Rekayasa Geoteknik 3
7 TS Mata Kuliah Pilihan Dari PS S2 3

Status Keluaran dan Gelar

Peserta yang berhasil menyelesaikan Program Doktor Ilmu Teknik Sipil berhak menyandang gelar akademik Doktor, disingkat Dr.

 

Sekretariat:

Alamat :Jln. Perpustakaan Kampus USU Medan-20155

Telp.(061)8201826, Fax (061)8213250

Website: : http//mts.usu.ac.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Contact Person

Prof. Dr. Ir. Roesyanto, MSCE (081370472190)

Dr. Ir. Ahmad Perwira Mulia Tarigan, M.Sc (0816303903)

Dr. Ir. Medis Sejahtera Surbakti, MT (081396565879)

Dewi Riani Purba (081396949384)

TATAPAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN PENJAMINAN MUTU

Personel Beserta Fungsi dan Tugas Pokoknya

Program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) yang bertanggung jawab kepada Dekan. Dalam melaksanakan tugasnya, Kaprodi DITS dibantu oleh seorang sekretaris PS, serta tenaga akademik (pegawai). Pelaksanaan tugas untuk penyelenggaraan kegiatan akademik berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pengambilan kebijaksanaan operasional akademik, Kaprodi berkoordinasi dengan Dekan, WD-I, WD-II dan WD-III serta berkonsultasi dengan Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF). Kaprodi berkoordinasi dengan Wakil Dekan bidang akademik (WD-1), sedangkan pengembangan sumber daya manusia, pemeliharaan dan pengembangan laboratorium serta fasilitas lainnya seperti perencanaan keuangan, berkoordinasi dengan Wakil Dekan bidang sumber daya (WD-II). Untuk pengembangan kerjasama berkoordinasi dengan Wakil Dekan bidang kerjasama (WD-III). Struktur organisasi PS-DITS dapat dilihat pada Gambar 1.

 struktur S3 sipil

Gambar 1. Bagan Struktur Organisasi PS-DITS-FT, USU

Personil yang ditugaskan duduk dalam struktur organisasi Dekan FT selama periode 2016-2021 adalah sebagai berikut:

  1. Dekan:Seri Maulina,i, Ph.D
  2. Wakil Dekan bidang akademik (WD-I):Ing. Johannes Tarigan
  3. Wakil Dekan bidang sumber daya (WD-II):.
  4. Wakil Dekan bidang kerjasama (WD-III):Ir. Irvan,.

Pelaksanaan PS-DITS dikoordinasikan oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) yang memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

  1. Melakukan perencanaan dan penjadwalan program pendidikan dan rekrutmencalon dosen pengampu mata kuliah, calon promotor, caln tim penilai Disertasi dan calon penguji tertutup;
  2. Mengkoordinasi kegiatan pendidikan yang mencakup perkuliahan, disertasi, seminar dan sidang;
  3. Mengkoordinasi kegiatan kemahasiswaan;
  4. Terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan anggaran untuk menjamin keterlaksanaan program pendidikan;
  5. Melakukan evaluasi kinerja proses belajar dan mengajar baik pada aspek mahasiswa maupun dosennya;
  6. Melakukan evaluasi kinerja lulusan program studi; dan
  7. Bertanggung jawab kepada Dekan.

Mengenai penjaminan mutu akademik program studi ditingkat Fakultas, unit ini diberi nama GJM (Gugus Jaminan Mutu) dan pada tingkat PS disebut GKM (Gugus Kendali Mutu). Posisi GKM PS Doktor/Magister Teknik Sipil ditunjukkan dalam struktur organisasi Unit Manajemen Mutu (UMM) USU seperti ditunjukkan pada Gambar 2.

Sistem Kepemimpinan, dan Pengalihan serta Akuntabilitas Pelaksanaan Tugas 

Kaprodi menjamin tujuan PS agar dapat terlaksana dan tercapai melalui koordinasi dengan semua pihak yang terlibat. Dalam menjalankan programnya Kaprodi mengacu pada peraturan akademik yang setiap tahun diterbitkan oleh USU, Keputusan Dekan, Kebijakan DPF dan Pedoman Mutu Fakultas. Dalam pengambilan kebijakan, tergantung tingkat kepentingannya, yaitu mengambil keputusan sendiri, berkoordinasi dengan pimpinan fakultas, berkonsultasi dengan Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) atau menyerahkan kepada hierarki yang lebih tinggi. Untuk menjamin akuntabilitas pelaksanaan dan pengelolaan, PS-DITS diaudit secara internal oleh UMM USU sebagai wakil Satuan Penjaminan Mutu (SPM) di tingkat Universitas. SPM menyusun standar mutu yang menjadi panduan dalam kegiatan audit maupun pelaksanaan dan pengelolaan PS-DITS secara umum.

 struktur umm

Gambar 2. Struktur Organisasi UMM USU

  1. Kepemimpinan Operasional

Kaprodi membuat rancangan dan rencana kegiatan akademik yang berpatokan pada pencapaian visi dan misi PS. Kegiatan akademik PS mengacu pada jadwal akademik yang telah ditetapkan oleh universitas. Rencana kegiatan akademik rutin tersebut meliputi seleksi penerimaan mahasiswa baru, kegiatan perkuliahan, ujian tengah dan akhir semester, Kartu Hasil studi (KHS), ujian kualifikasi seminar, rencana penelitian (kolokium), seminar hasil penelitian, ujian tertutup serta jadwal wisuda. Program kerja dan pelaksanaannya dilaporkan kepada Dekan dan WD I.

Dalam menjalankan kegiatan operasional ini, Kaprodi dibantu oleh seorang sekretaris PS dan seorang tenaga administrasi. Dengan perencanaan yang terkoordinasi, seluruh kegiatan akademik yang disusun selama ini telah berjalan dengan baik.

 

2. Kepemimpinan Organisasi

Kaprodi DITS senantiasa berkoordinasi dengan Kaprodi PS yang lain di tingkat fakultas untuk menjamin seluruh kegiatan akademik masing-masing PS berjalan dengan baik serta saling mendukung. Koordinasi dilakukan paling sedikit satu kali dalam sebulan dalam rapat koordinasi eksekutif antar Kaprodi dan Dekan.

Kaprodi berkoordinasi dengan bagian pendidikan dalam hal pengaturan jadwal kuliah dan penggunaan ruang kuliah umum, penjaringan mahasiswa baru, sedangkan dengan komisi disiplin fakultas atau universitas berkaitan dalam hal penyelesaian kasus kecurangan akademik oleh mahasiswa. Di samping itu, koordinasi juga dilakukan dengan Unit Bimbingan dan Konseling fakultas/universitas dalam penanganan mahasiswa yang bermasalah secara psikologis. Koordinasi dengan UMM juga dilakukan dalam audit pelaksanaan program serta kegiatan akreditasi.

3.Kepemimpinan Publik

Dalam menjalankan tugas PS, Kaprodi senantiasa menginformasikan aktivitas PS kepada staf dosen, karyawan atau mahasiswa melalui media internet (mailing list dosen PS-DITS), surat, rapat staf dan atau diinformasikan melalui papan pengumuman. Selain itu juga dijalankan dengan melakukan berbagai upaya diantaranya membina kerjasama dengan institusi luar, antara lain: Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum atau Kimpraswil, PT. Persero PLN, Telkom, PDAM, PJKA, Pelindo, Rukindo, Trakindo dan instansi lainnya. Juga dilakukan dengan melakukan kerjasama ke organisasi profesi dan perusahaan seperti HAKI, HPJI, HATTI, HATHI, HASTAG, INKINDO, GAPENSI, GAPEKNAS, Semen Tiga Roda dan Kontraktor yang berskala nasional. Diharapkan dari kerjasama ini akan terbentuk sinergi yang dinamis untuk menambah wawasan mahasiswa dan para staf pengajar.

Partisipasi Civitas Academica dalam Pengembangan Kebijakan, serta Pengelolaan dan Koordinasi Pelaksanaan Program

 

Partisipasi civitas academica difasilitasi melalui milis dosen, forum rapat staf akademik. Di samping itu dirancang forum khusus untuk menampung aspirasi civitas academica seperti lokakarya evaluasi kurikulum. Aspirasi tersebut ditampung dan dijadikan bahan masukan untuk rapat dengan fakultas sebelum menjadi kebijakan yang ditetapkan oleh Kaprodi DITS. Pelibatan civitas academica di samping melalui cara di atas juga terlihat melalui organ-organ yang ada dimana anggotanya adalah staf pengajar. Pada tingkat fakultas terdapat GKM yang berperan sebagai penjamin mutu, pengelola proses input dan output. Sampai saat ini civitas academica terlibat dalam pengembangan kebijakan dan pelaksanaan dan pengkoordinasian program sehingga berperan penting dalam kelancaran semua program sampai pengembangannya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Adanya kuisioner untuk menilai kinerja PS-DITS yang disebarkan ke dosen dan mahasiswa juga memberikan masukan yang sangat berarti untuk mengevaluasi pelaksanaan program sehingga dapat dilakukan peningkatan untuk hal-hal yang belum optimal.

Perencanaan Program Jangka Panjang dan Monitoring Pelaksanaannya sesuai dengan Visi, Misi,Tujuan dan Sasaran Program

 

Sebagai salah satu PS di bawah FT USU, maka rencana jangka panjang PS-DITS terintegrasi dengan Renstra FT USU. Rencana jangka panjang tersebut disusun untuk menjamin tercapainya visi, misi, tujuan dan sasaran dari PS. Penyusunan Renstra dilakukan dengan cara mengidentifikasi berbagai aspek dan kondisi nyata ketika Renstra disusun dan kemudian tahapan selanjutnya adalah melibatkan para dosen di PS pada rapat-rapat staf. Di tingkat fakultas yang terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan serta Kaprodi membuat draft renstra untuk selanjutnya dibahas pada berbagai rapat seperti rapat dengan stakeholders, alumni, DPF yang selanjutnya Renstra diputuskan dalam rapat DPF. Pelaksanaan Renstra dimonitoring secara periodik dan terus menerus melalui rapat eksekutif dan setiap setahun sekali melalui rapat besar dengan semua dosen PS agar sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran program.

Efisiensi dan Efektivitas Kepemimpinan 

Ditinjau dari segi organisasi, sistem tata pamong PS-DITS cukup ramping, efisien dan efektif. Setiap tingkatan kepemimpinan telah mempunyai tugas pokok dan fungsi yang saling memperkuat. Kepemimpinan normatif terkait dengan kebijakan menjadi wewenang DPF. Hal yang sama juga terjadi pada kepemimpinan operasional mulai dari tingkat Dekan sampai Kaprodi berjalan secara efisien dan efektif. Resource-sharing berupa pemberdayaan sarana dan prasarana di dalam lingkungan fakultas berjalan tanpa ada kendala yang bermakna dan sumber daya dapat diberdayakan secara lebih optimal.

Evaluasi Program dan Pelacakan Lulusan 

Evaluasi program dilakukan secara menyeluruh mulai dari proses pelaksanaan melalui rapat koordinasi rutin eksekutif setiap minggu yang isinya memonitor setiap program yang telah direncanakan apakah berjalan baik, apakah ada kendala dalam pelaksanaannya dan berbagai permasalahan lainnya. Kaprodi melaporkan pelaksanaan program kemudian dievaluasi bersama-sama dalam rapat tersebut. Evaluasi terhadap keberhasilan program di samping melalui evaluasi internal juga dilakukan dengan evaluasi eksternal dengan cara mengundang stakeholders terkait dalam acara workshop pendidikan untuk memberikan masukan maupun melalui pelacakan kepada para lulusan dan pengguna lulusan. Pelacakan lulusan saat ini belum dilaksanakan mengingat PS-DITS belum memiliki alumni.

Perencanaan dan Pengembangan Program dengan Memanfaatkan Hasil Evaluasi Internal dan Eksternal

Hasil evaluasi internal dan eksternal dijadikan umpan balik untuk merancang perbaikan proses pelaksanaan PS-DITS. Perbaikan berkesinambungan terus dilakukan dengan menambah peralatan laboratorium melalui pembiayaan yang diperoleh sehingga dapat memperlancar penelitian mahasiswa. Sumber pembiayaan tersebut antara lain melalui DIPA. Perbaikan dalam pembelajaran diakomodasi dalam perubahan kurikulum secara menyeluruh yang dilakukan secara periodik setiap 5 tahun. Umpan balik juga dijadikan masukan untuk revitalisasi sarana-prasarana dan pengembangan SDM.

         

      Peningkatan kemampuan pengajaran oleh dosen dilakukan antara lain melalui workshop pengajaran, salah satunya adalah Workshop Applied Approach dalam pembelajaran yang diselenggarakan oleh Unit Pelayanan dan Pengembangan Pendidikan (UPP) USU.

Dampak Hasil Evaluasi Program terhadap Pengalaman danMutu Pembelajaran Mahasiswa

 

Hasil evaluasi internal dan eksternal telah digunakan dalam mengupayakan peningkatan mutu pembelajaran mahasiswa. Upaya tersebut di antaranya terlihat dari perbaikan kurikulum, silabus dan Satuan Acara Perkulihan (SAP), serta peningkatan sarana dan prasarana.

Pengelolaan Mutu secara Internal pada Tingkat PS

 

Arti dari kualitas adalah keserasian sebagaimana dimaksud oleh konsumen. Misalnya indikator kualitas proses pembelajaran adalah ekspektasi mahasiswa; indikator proses pendidikan adalah kecocokan kurikulum. Kontrol kualitas adalah pemisahan antara produk yang baik dan buruk melalui suatu aktivitas inspeksi. Sedangkan arti dari jaminan kualitas quality assurance adalah seluruh aktivitas dalam berbagai bagian dari suatu sistem untuk memastikan bahwa produk atau layanan organisasi selalu konsisten dalam kualitasnya. Untuk suatu institusi pendidikan tinggi, dikenal kerangka kerja kualitas yang meliputi seluruh komponen kerja institusi yang terdiri atas unsur akademik dan administratif. Unsur akademik melibatkan seluruh staf pengajar PS-DITS sedangkan unsur administrasi melibatkan tenaga administrasi.

Ada beberapa parameter untuk menjamin kualitas pendidikan di tingkat fakultas, seperti : a. visi, misi; b. regulasi; c. kriteria penerimaan mahasiswa; d. rasio tenaga akademik dan mahasiswa; e. beasiswa serta f. infrastruktur awal. Untuk tingkat PS-DITS antara lain: a. visi, misi; b. pendidikan, pengajaran, penelitian dan layanan masyarakat; c. kurikulum, silabus dan SAP; d. pengembangan laboratorium; e. kerjasama luar negeri dan f. infrastruktur awal.

Fasilitas pendukung akademik dibedakan atas dua, yaitu: (1) urusan mahasiswa dan keuangan; serta (2) urusan sistem pendukung kemahasiswaan. Parameter yang harus diperhatikan pada urusan mahasiswa dan keuangan antara lain: a. pengembangan dan perawatan gedung; b. kerumahtanggaan; c. pemanfaatan ruangan; d. teknologi pembelajaran dan dukungan teknologi audio visual; e. pengembangan tenaga penunjang, karier dan kriteria beasiswa bagi tenaga penunjang. Sedangkan untuk sistem pendukung kemahasiswaan, parameter yang dicermati adalah a. ruangan belajar; b. ruang dengan fasilitas komputer; c. perpustakaan; d. pengembangan karier dan e. bimbingan konseling. Ukuran kualitas secara institusional diukur dari tracer study terhadap lulusan.

Jaminan mutu dalam akreditasi identik dengan uraian di atas. Sistem jaminan mutu di PS-DITS dilakukan oleh UMM pada tingkat USU dan GKM pada tingkat Fakultas. Dalam rangka menjamin mutu lulusan, PS-DITS sudah melakukan (1) kajian terhadap kurikulum yang dilakukan tim kurikulum dengan memperhatikan masukan-masukan dari stakeholders, terutama lulusan yang akan bekerja pada berbagai bidang profesi ketekniksipilan; (2) Proses pembelajaran melalui umpan balik dari mahasiswa.

Aktivitas lain yang melibatkan objek penilaian dalam sistem jaminan mutu belum sepenuhnya dilaksanakan. Evaluasi sudah dilakukan terhadap sebagian besar komponen pendidikan objek jaminan mutu, namun penilaian tingkat kualitas PS-DITS diserahkan kepada peer-review.

Sistem jaminan mutu telah melembaga di tingkat PS-DITS, fakultas ataupun USU, yaitu pada tingkat fakultas terdapat GKM dan pada tingkat USU terdapat UMM. Peningkatan pemahaman tentang sistem jaminan mutu tetap harus dilakukan baik melalui penataran, pelatihan maupun mempelajarinya melalui berbagai sumber.

Berbagai standar juga telah dirumuskan, seperti kelulusan perkuliahan, seminar tugas akhir dan sidang. Pedoman-pedoman akademik juga telah dirumuskan oleh GKM untuk dijadikan acuan dalam menjalankan kegiatan rutin. Pedoman ini sifatnya dinamik dan tercatat. Sehingga sistem penjaminan mutu program akademik berjalan baik dan perlu dikembangkan terus, agar cakupannya menjamin perkembangan yang berkesinambungan.

Hubungan dengan Penjaminan Mutu pada Tingkat Lembaga

Sistem penjaminan mutu pada tingkat Fakultas ditangani oleh GKM yang bertanggung jawab kepada Dekan, sedangkan implementasinya dilaksanakan oleh PS. Dalam hal merumuskan kebijakan mutu melibatkan juga DPF FT-USU. Sistem Penjaminan Mutu di tingkat pusat ditangani oleh UMM, yang bertugas merumuskan kebijakan dan standar mutu USU, sekaligus melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan agar setiap kegiatan dapat dimonitor, sehingga berjalan dengan standar mutu yang telah ditetapkan. Pelaksanaan audit terhadap mutu dilakukan oleh Audit Mutu Internal (AMI).

Dampak Proses Penjaminan Mutu terhadap Pengalaman danMutu Hasil BelajarMahasiswa

Proses penjaminan mutu ini telah berdampak pada terjaminnya kualitas program termasuk kualitas calon mahasiswa, kelancaran dan kualitas proses belajar mengajar, serta terjaminnya kelancaran mutu proses pelaksanaan ujian.

Metodologi Baku Mutu (Benchmarking)

Benchmarking menjadi satu cara untuk dapat meningkatkan kualitas PS-DITS. Benchmarking dilakukan untuk meningkatkan wawasan dosen mengenai aspek pembelajaran, penelitian, manajemen dan organisasi. Proses benchmarking yang dilakukan salah satunya melalui pengadaan Workshop Kurikulum oleh Collaboration of USU-Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 12-14 Februari 2015 di USU dan Focused Group Discussion (FGD) Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) DITS FT-USU pada tanggal 1 Maret 2015 di USU.

Pengembangan dan Penilaian Pranata Kelembagaan

PS-DITS merupakan salah satu PS doktor yang diselenggarakan oleh FT-USU. PS Teknik Sipil berdiri pada tahun 1959 yakni melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 83303/S tanggal 26 Agustus 1959 dan PS ini merupakan program tertua di FT-USU. Sejarah berdirinya berkaitan dengan kebutuhan insinyur di Kementerian Pekerjaan Umum pada akhir tahun lima puluhan. Pada saat itu pendidikan tinggi dibidang Teknik Sipil di Indonesia hanya ada di Pulau Jawa. Pada tanggal 18 Januari 1958, Gubernur Sumatera Utara membentuk panitia pendirian Fakultas Teknik di Medan. Setahun kemudian panitia yang disebut dengan panitia delapan, akhirnya menyimpulkan bahwa FT Negeri perlu segera didirikan di Medan, Sumatera Utara. FT resmi berdiri pada tanggal 1 September 1959 dengan hanya menjalankan satu PS yakni Teknik Sipil.

PS-DITS merupakan satu PS tersendiri yang secara operasional berada di bawah kendali FT. PS dipimpin oleh Kaprodi yang bertanggung jawab kepada Dekan. Dalam melaksanakan tugasnya Kaprodi dibantu oleh seorang sekretaris dan seorang tenaga administrasi akademik.

Dalam pengambilan kebijaksanaan operasional berkonsultasi dengan DPF FT. Pranata kelembagaan dikelola dan dikembangkan sesuai dengan tuntutan lingkup kerja PS. Tata kelola USU menganut PS sebagai organisasi program dan Fakultas sebagai organisasi sumber.

Evaluasi Internal yang Berkelanjutan

Evaluasi internal berkelanjutan sudah merupakan siklus rutin dan dilakukan setiap pelaksanaan kegiatan, per semester dan setiap tahun akademik. Evaluasi ini dilakukan untuk umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar PS-DITS. Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan pada rapat eksekutif rutin dan rapat GKM, DPF dan rapat dosen. Evaluasi aspek akademik juga dilakukan setiap semester. Evaluasi yang melibatkan alumni program magister, pengguna lulusan dilakukan melalui kuisioner atau tracer study dan workshop yang secara khusus dilaksanakan.

Pemanfaatan Hasil Evaluasi Internal dan Eksternal atau Akreditasi dalam Perbaikan dan Pengembangan Program

Hasil evaluasi internal dan eksternal digunakan sebagai umpan balik bagi peningkatan mutu PS-DITS. Hasil evaluasi tersebut secara langsung dan berkelanjutan dimanfaatkan untuk proses perbaikan, misalnya usulan perbaikan pada pelaksanaan berbagai kegiatan PS seperti usulan adanya SOP untuk setiap kegiatan. Sedangkan hasil evaluasi eksternal masih belum dimanfaatkan. Hasil evaluasi internal juga dimanfaatkan untuk memperbaiki visi dan misi PS serta strategi pencapaian sasaran PS.

Kerjasama dan Kemitraan Instansi Terkait dalam Pengendalian Mutu

Kerjasama dan kemitraan PS-DITS dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat telah secara berkesinambungan dilakukan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri. Kemitraan dan kerjasama dengan institusi dalam negeri bervariasi, antara lain dengan institusi pendidikan, lembaga pemerintahan. Sedangkan kerjasama dengan institusi di luar negeri saat ini hanya pengiriman staf pengajar untuk melanjutkan studi. Kerjasama dengan institusi baik di dalam maupun luar negeri memberikan banyak manfaat di antaranya akses fasilitas penelitian, maupun sharing keilmuan terkini.

Analisis SWOT dari Komponen

Tatapamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu

Kekuatan:

  1. Sistem tata kelola program sudah sangat baik mulai dari proses penjaringan mahasiswa, belajar mengajar dan evaluasi proses belajar mengajar berjalan sistematis dan didukung sistem informasi akademik yang komprehensif;
  2. Adanya lembaga yang dibentuk dalam mengendalikan mutu program, baik di tingkat PS-DITS, fakultas maupun di tingkat USU; dan
  3. Struktur organisasi sederhana, efektif dan efisien dengan peranunit yang tertata, menjadi jaminan terlaksananya program dengan mutu yang baik.

Kelemahan: 

  1. Sistem tata kelola dokumen belum sistematis, sehingga sulit diakses bila diperlukan, kecuali yang terdokumentasi secaraelektronik; dan
  2. Metodologi monitoring dan benchmarking yang baku di tingkat lembaga belum tersedia, sehingga seringkali umpan balik lambat

Peluang: 

  1. Benchmarking pengelolaan dan kepemimpinan PS yang berasal dari luar negeri, seperti USM dan UKM. 

Ancaman: 

  1. Banyak PS-DITS di perguruan tinggi lain, khususnya di Jawa dan Malaysia yang memiliki sistem tata pamong dan kepemimpinan lebih baik.

 

Nama dosen tetap Program Studi Doktor Ilmu Tenik Sipil (PS-DITS) berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002, dalam tabel di bawah ini.

No Nama Dosen Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Roesyanto 00-2906-5102 29-06-1951

Guru Besar,

Ketua Prog. Studi Magister Teknik Sipil USU

Prof. Dr. Ir. MSCE.

S1: Universitas Gajah Mada (Yogyakata)

S2: Ohio University, (USA)

S3: Institut Teknologi Bandung (Bandung)

S1: Teknik Sipil (Umum)

S2: Teknik Sipil (Geoteknik)

S3: Teknik Sipil (Geoteknik)

2 Bustami Syam 00-0110-5705 01-10-1957 Guru Besar, Wakil Rektor IV USU Prof. Dr. Ir. MSME

S1: Universitas Sumatera Utara (Medan)

S2: Ohio University, Athens (USA)

S3: Muroran Institute of Technology (Japan)

S1: Teknik Mesin (Konversi Energi)

S2: Teknik Mesin (Konversi Energi)

S3: Teknik Mesin (Konversi Energi)

3 Johannes Tarigan 00-2412-5605 24-12-1956 Guru Besar, Pembantu Dekan I FT USU Prof. Dr. Ing

S1: Universitas Sumatera Utara (Medan)

S3: Bergishe Universitas Gesamthochschule Wupertal (Jerman)

S1: Teknik Sipil (Struktur)

S3: Teknik Sipil (Struktur)

4 Sofian Asmirza Silalahi 00-0404-6407 04-04-1964 Lektor Kepala

Dr. Ir.

M.Sc.

S1: Universitas Sumatera Utara (Medan)

S2: Universiti Kebangsaan Malaysia

S3: Universiti Kebangsaan Malaysia

S1: Teknik Sipil (Struktur)

S2: Teknik Sipil (Civil&Structure Eng.)

S3: Teknik Sipil (Civil&Structure Eng.)

5 Dwira Nirfalini Aulia 27-05-1963 Lektor Kepala

Dr. Ir.

M.Sc.

S1: Universitas Indonesia (Jakarta)

S2: Universiti Sains of Malaysia

S3: Universiti Sains of Malaysia

S1: Teknik Arsitektur

S2: Teknik Arsitektur

S3: Teknik Arsitektur

6 Ahmad Perwira Mulia Tarigan 00-1704-6604 17-04-1966 Lektor Kepala

Dr. Ir.

M.Sc.

S1: Institut Teknologi Bandung (Bandung)

S2: University of Florida at Gainesville (USA)

S3: Universiti Teknologi of Malaysia

S1: Teknik Geodesi

S2: Teknik Pantai

S3: Teknik Pantai

7 Medis Sejahtera Surbakti 00-1409-7101 14-09-1971 Lektor Kepala

Dr.Ir

MT

S1: USU, Medan

S2: ITB (Bandung)

S3: Universiti Sains of Malaysia

S1: Teknik Sipil

S2 : Transportasi

S3 : Transportasi

8 Beny Octofryana Yousca Marpaung 00-2210-7104 22-10-1971 Lektor Kepala

Dr.Ir

MT

S1: USU, Medan

S2: Universiti Sains of Malaysia

S3: Universiti Sains of Malaysia

S1: Teknik Arsitektur

S2: Teknik Arsitektur

S3: Teknik Arsitektur

 ** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

 

JADWAL PERKULIAHAN SEMESTER A T.A. 2016-2017
PROGRAM STUDI DOKTOR TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK USU
NO HARI PUKUL KODE SEM MATA KULIAH SKS DOSEN
1 Selasa 08.30 - 11.00 TS 521 I Analisa Struktur Lanjut 3 1. Prof. Dr. Ing Johannes Tarigan (*)
 
2 Rabu 08.30 - 11.00 TS 800 I Falsafah Ilmu 3 1. Prof. Dr. Ir. Roesyanto, MSCE (*)
2. Dr. Ir. A. Perwira Mulia Tarigan, M.Sc 
3. Medis Surbakti, ST, MT, PhD
3 Kamis 08.30 - 11.00 TS 801 I Metodologi Penelitian 3 1. Prof. Dr. Ir. Roesyanto, MSCE (*)
2. Dr. Ir. Dwira Nirfalini Aulia, M.Sc
3. Beni O.Y. Marpaung,ST.,MT.,PhD.

 

Perkuliahan di mulai tanggal 05 September 2016 
Ujian dilaksanakan setelah mencapai 14x perkuliahan
(*) : Dosen Pengampuh Mata Kuliah