Teknik Industri

Sejarah Ringkas Tentang Prodi Teknik Industri FT-USU

 TI

 

Program Studi Teknik Industri didirikan tahun 1965 bersamaan dengan berdirinya Program Studi Teknik Elektro dan berada di lingkungan Fakultas Teknik Sumatera Utara. Sesuai dengan surat Keputusan Menteri P&K No.0174/0/1983 tanggal 14 Maret 1983 dan No. 0535/0/1983 tanggal 8 Desember 1983 nama Program Studi Teknik Industri berubah menjadi Program Studi Teknik dan Manajemen Industri. Selanjutnya sesuai dengan keputusan Mendikbud No. 0218/U/1995 tertanggal 25 Juli 1995 Program Studi Teknik dan Manajemen Industri berubah kembali menjadi Program Studi Teknik Industri. Sejak era USU BHMN, Program Studi Teknik Industri berganti nama menjadi Departemen Teknik Industri USU hingga saat ini.

 VISI & MISI PRODI TEKNIK INDUSTRI

 Visi:

Berdasarkan proses dan mekanisme kerja, maka Prodi TI USU merumuskan visinya untuk 5 tahun ke depan (2016-2020) sebagai berikut :

Menjadi Program Studi Teknik Industri yang maju dan unggul dalam perancangan, perbaikan dan instalasi sistem terpadu yang mampu bersaing secara global.

 Misi

Untuk mewujudkan visi di atas maka program Studi Teknik Industri menetapkan misinya sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar yang bermutu tinggi untuk menghasilkan  lulusan yang menjunjung tinggi etika profesi dan handal dalam perancangan, perbaikan dan instalasi sistem terpadu  sesuai dengan kebutuhan dunia  industri manufakturing dan jasa dalam era persaingan global.
  2. Melakukan penelitian dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan terutama dalam bidang rekayasa  manufakturing dan jasa.
  3. Menggalakkan pengabdian pada masyarakat khususnya pengembangan sistem terpadu dalam upaya peningkatan mutu kerja produktif masyarakat pada umumnya dan dunia industri pada khususnya.

Tujuan

Untuk  mewujudkan visi dan misi  Prodi TI di atas maka tujuan Prodi TI  yang akan dicapai dalam 5 tahun (2016-2020) adalah sebagai berikut:

1) Bidang Pendidikan:

  1. Menghasilkan sarjana teknik industri yang kompeten dalam perancangan, perbaikan dan instalasi sistem terpadu bidang manufakturing dan industri jasa  melalui proses pendidikan yang efisien dan bermutu tinggi.
  2. Meningkatkan kompetensi tenaga pengajar melalui pendidikan lanjut ke jenjang S-3, kegiatan ilmiah, dan penulisan buku ajar / buku referensi dalam bidang teknik industri dengan fokus rekayasa manufakturing dan jasa baik dalam maupun luar negeri
  3. Meningkatkan konstribusi Prodi TI dalam program-program BKSTI
  4. Mengintensifkan penggunaan fasilitas ICT untuk memudahkan para tenaga pengajar dan mahasiswa  mengakses data dan informasi pengetahuan tingkat global untuk materi perkuliahan serta mengefektifkan sistem komunikasi antara mahasiswa dan tenaga pengajar dalam proses belajar-mengajar.
  5. Menumbuhkan atmosfir akademik yang kondusif bagi pengembangan karakter manusia yang memiliki tata nilai yang kondusif daam  dan produktif.

2) Bidang Penelitian: 

  1. Menggalakkan penelitian guna meningkatkan karya-karya ilmiah tenaga pengajar dalam disiplin ilmu teknik industri baik  melalui penelitian mandiri maupun melalui kerjasama dan kemitraan dengan pihak eksternal khususnya dunia industri dan kelompok masyarakat produktif lainnya termasuk kerja sama penelitian dengan universitas mitra luar negeri.
  2. Menggalakkan partisipasi dalam penelitian staf pengajar dan penelitian mahasiswa dalam bidang rekayasa manufaktur dan jasa tingkat nasional dan  internasional.
  3. Mengembangkan dan memperkuat jejaring penelitian di antara lembaga pendidikan tinggi khususnya bidang teknik industri di dalam dan luar negeri, dan antara Program Studi Teknik Industri USU dan dunia industri.

3) Bidang Pengabdian Masyarakat

  1. Meningkatkan kemampuan tenaga pengajar dalam membuat konsep-konsep ilmiah di bidang teknik industri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan mutu dan produktivitas kerja  dalam menghadapi persaingan.
  2. Melakukan kegiatan-kegiatan yang efektif menstimulasi pertemuan / komunikasi  interaktif antara para tenaga pengajar Prodi TI dan dunia usaha khususnya industri manufakturing dan jasa mendapatkan masukan bagi masing-masing pihak.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Merujuk kepada tujuan yang ingin dicapai dalam 5 tahun ke depan maka sasaran dari Prodi TI untuk tahun 2016-2020 ialah:

1. Bidang Pendidikan

  1. Memfasilitasi tenaga pengajar untuk mengikuti pendidikan doktor dalam disiplin ilmu Teknik Industri untuk mencapai kebutuhan minimum sebesar 50 % dari total tenaga pengajar dalam 5 tahun ke depan
  2. Meningkatkan mutu laboratorium Teknik Industri dengan memperkaya praktikum rekayasa sistem terpadu dalam bidang manufakturing dan jasa
  3. Meningkatkan mutu karya-karya tulis tenaga pengajar dan mahasiswa dalam rekayasa sistem terpadu baik dalam bidang ilmu manufakturing maupun jasa melalui proses bimbingan tugas sarjana, kerja praktek serta partisipasi dalam kompetisi nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan mutu sistem perkuliahan dan perbaikan / penyempurnaan fasilitas ICT penunjang kegiatan akademik guna intensifikasi proses belajar-mengajar.
  5. Meningkatkan karya ilmiah tenaga pengajar dalam bentuk buku ajar dan buku referensi
  6. Mengembangkan kegiatan diskusi antara tenaga pengajar dan mahasiswa tentang masalah-masalah kontemporer dalam bidang teknik industri.
  7. Meningkatkan keterlibatan para tenaga pengajar Prodi TI dalam kegiatan-kegiatan BKS-TI.

2. Bidang Penelitian

  1. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para tenaga pengajar dalam pembuatan proposal-proposal penelitian ilmiah bertaraf nasional dan internasional guna mendapatkan dukungan dana dan kerja sama penelitian antar lembaga
  2. Meningkatkan jumlah tenaga pengajar yang kompeten dalam penelitian di bidang rekayasa sistem terpadu dalam sektor manufaktur dan jasa.
  3. Memperluas cakupan kerja sama penelitian antara Prodi TI dengan dunia industri manufaktur dan jasa dan lembaga pendidikan tinggi di bidang teknik industri.

3. Bidang Pengabdian Pada Masyarakat

  1. Menggalakkan kunjungan para tenaga pengajar kepada pusat-pusat kegiatan produksi masyarakat khususnya industri manufakturing UKM guna melakukan monitoring sistem produksi dan penyampaian usul-usul perbaikan.
  2. Menyebarluaskan konsep-konsep ilmiah di bidang teknik industri yang dikembangkan oleh tenaga pengajar sebagai kontribusi dalam membantu masyarakat dan dunia industri dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka.

Strategi Pencapaian Sasaran Program Studi

Strategi yang digunakan untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi TI seperti diuraikan di atas ialah sebagai berikut:

Uraian Tahun
2016 2017 2018 2019 2020

a. Bidang Pendidikan

Memfasilitasi para tenaga pengajar muda yang masih berpendidikan S2 untuk mengikuti program doktor melaui penjajagan informasi dan peng-galakan program Bahasa Inggris

   ●

   ●

   ●

   ●

Menambah fasilitas laboratorium sistem produksi yang dibutuhkan dalam peningkatan keteram-pilan mahsiswa dalam rekayasa sistem terpadu

Mengembangkan sistem kompetisi karya ilmiah baik dijajaran mahsiswa maupun tenaga pengajar

   ●

   ●

   ●

   ●

Melengkapi fasilitas internet (ICT) pada ruang-ruang kuliah/ ruang dosen untuk dimanfaatkan dalam perkuliahan, penelitian dan proses bimbingan tugas akhir

  

   ●

   ●

   ●

Melakukan permagangan tenaga pengajar pe-ngajar muda pada perusahaan industri rekayasa

  

 ●

  

   ●

  

 Menyelenggarakan kompetisi ilmiah secara rutin untuk mahasiswa dibawah bimbingan dosen senior dan dosen muda

   ●

   ●

   ●

   ●

   ●

Memfasilitasi para tenaga pengajar untuk menulis buku ajar dan buku referensi

   ●

   ●

   ●

   ●

   ●

Memfasilitasi tenaga pengajar dalam program-program BKSTI

Memanfaatkan keanggotaan USU pada konsor-sium PT seperti IMT-GT, ASAIHIL dan lain.lain

b. Bidang Penelitian

Pengadaan pelatihan dan fasilitasi para tenaga pengajar dan mahasiswa dalam penyusunan proposal untuk penelitian bertaraf nasional, regional dan internasional

  ●   ●

Memfasilitasi para tenaga pengajar dan mahasiswa dalam penyusunan proposal untuk penelitian bertaraf nasional, regional dan internasional

   ●

   ●

   ●

   ●

   ●

Membangun jejaring penelitian dengan beberapa universitas luar negeri seperti AIT, dan USM serta dalam negeri seperti ITB dan, dan UGM

  ●  ●

Meningkatkan kerja sama penelitian dengan dunia industri yang berbasis pada pemecahan masalah nyata yang dihadapi perusahaan dalam persaingan.

   ●

   ●

   ●

   ●

   ●

 c. Bidang Pengabdian Pada Masyarakat

Memperluas MOU / kerja sama yang saling menguntungkan

   ●

   ●

   ●

   ●

Mengadakan sistem insentif bagi para tenaga pengajar yang efektif mendapat pengakuan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

   ●

   ●

   ●

   ●

 

Secara keseluruhan keterkaitan setiap tujuan, sasaran dan strategi pencapaian dapat dilihat pada tabel berikut: 

Misi Tujuan Sasaran Strategi Pencapaian
1. Menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar yang bermutu tinggi untuk menghasilkan  lulusan yang menjun-jung tinggi etika profesi dan handal dalam perancangan, perbaikan dan instalasi sistem terpadu  sesuai dengan kebutuhan dunia  industri manufak-turing dan jasa dalam era persaingan global
  1. Menghasilkan sarjana teknik industri yang kompeten dalam perancangan, perbaikan dan instalasi sistem terpadu bidang manufakturing dan industri jasa  melalui proses pendidikan yang efisien dan bermutu tinggi.
  1. Menambah fasilitas laboratorium sistem produksi yang dibutuhkan dalam peningkatan keterampilan mahsiswa dalam rekayasa sistem terpadu
  2. Meningkatkan mutu karya-karya tulis tenaga pengajar dan mahasiswa dalam rekayasa sistem terpadu baik dalam bidang ilmu manufakturing maupun jasa melalui proses bimbingan tugas sarjana, kerja praktek serta partisipasi dalam kompetisi nasional dan internasional.
 

1. Melakukan permagangan tenaga pengajar pe-ngajar muda pada perusahaan industri rekayasa

2. Menyelenggarakan kompetisi ilmiah secara rutin untuk mahasiswa dibawah bimbingan dosen senior dan dosen muda

b.  Meningkatkan kompetensi tenaga pengajar melalui pendidikan lanjut ke jenjang S-3, kegiatan ilmiah dan penulisan buku ajar / buku referensi dalam bidang teknik industri dengan fokus rekayasa manufakturing dan jasa baik dalam maupun luar negeri

  1. Memfasilitasi tenaga pengajar untuk mengikuti pendidikan doktor dalam disiplin ilmu Teknik Industri untuk mencapai kebutuhan minimum sebesar 50 % dari total tenaga pengajar dalam 5 tahun ke depan
          Memfasilitasi para tenaga pengajar muda yang masih berpendidikan S2 untuk mengikuti program doktor melaui penjajagan informasi dan peng-galakan program Bahasa Inggris
  1. Meningkatkan karya ilmiah tenaga pengajar dalam bentuk buku ajar dan buku referensi
Memfasilitasi para tenaga pengajar untuk menulis buku ajar dan buku referensi

 

Memanfaatkan keanggotaan USU pada konsor-sium PT seperti IMT-GT, ASAIHIL dan lain.lain

  1. Mengintensifkan penggunaan fasilitas ICT untuk memudahkan para tenaga pengajar dan mahasiswa  mengakses data dan informasi pengetahuan tingkat global untuk materi perkuliahan serta mengefektifkan sistem komunikasi antara mahasiswa dan tenaga pengajar dalam proses belajar-mengajar.
  1. Mengembangkan mutu sistem perkuliahan dan perbaikan / penyempurnaan fasilitas ICT penunjang kegiatan akademik guna intensifikasi proses belajar-mengajar.
Melengkapi fasilitas internet (ICT) pada ruang-ruang kuliah/ruang dosen untuk dimanfaatkan dalam perkuliahan, penelitian dan proses bimbingan tugas akhir
  1. Menumbuhkan atmosfir akademik yang kondusif bagi pengembangan karakter manusia yang memiliki tata nilai yang kondusif dan produktif
  1. Mengembangkan kegiatan diskusi antara tenaga pengajar dan mahasiswa tentang isu-isu kontemporer dalam bidang teknik industri

    1. Menyelenggarakan kompetisi ilmiah secara rutin untuk mahasiswa dibawah bimbingan dosen senior dan dosen muda.

2. Mengembangkan sistem kompetisi karya ilmiah baik dijajaran mahsiswa maupun tenaga pengajar

  1. meningkatkan kontribusi prodi dalam program-program BKSTI
    1. meningkatkan jumlah tenaga pengajar prodi TI dalam kegiatan-kegiatan BKSTI
  Memfasilitasi tenaga pengajar dalam program-program BKSTI
2. Melakukan penelitian dalam meningkatkan mutu secara berke-lanjutan terutama dalam bidang rekayasa manufak-turing dan jasa
  1. Menggalakkan penelitian guna meningkatkan karya-karya ilmiah tenaga pengajar dalam disiplin teknik industri baik melalui penelitian mandiri maupun melalui kerjasama dan kemitraan dengan pihak eksternal khususnya dunia industri dan kelompok masyarakat produsktif lainnya termasuk kerjasama penelitian dengan mitra luar negri

a. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para tenaga pengajar dalam pembuatan proposal-proposal penelitian ilmiah bertaraf nasional dan internasional guna mendapatkan dukungan dana dan kerja sama penelitian antar lembaga

       Pengadaan pelatihan dan fasilitasi para tenaga pengajar dan mahasiswa dalam penyusunan proposal untuk penelitian bertaraf nasional, regional dan internasional.

  1. Menggalakkan partisipasi dalam penelitian staf pengajar dan penelitian mahasiswa dalam bidang rekayasa manufactur dan jasa tingkat nasional dan internasional

b. Meningkatkan jumlah tenaga pengajar yang kompeten dalam penelitian di bidang rekayasa sistem terpadu dalam sektor manufaktur dan jasa

       Memfasilitasi para   tenaga pengajar dan mahasiswa dalam penyusunan proposal untuk penelitian bertaraf nasional, regional dan internasional
  1. Mengembangkan dan memperkuat jejaring penelitian diantara lembaga pendidikan tinggi khususnya bidang teknik industri di dalam dan luar negeri dan antara program Studi Teknik Industri USU dan dunia industri

c. Memperluas cakupan kerja sama penelitian antara Prodi TI dengan dunia industri manufaktur dan jasa dan lembaga pendidikan tinggi di bidang teknik industri.

1.  Membangun  jejaring   penelitian dengan beberapa universitas luar negeri seperti AIT, dan USM serta dalam negeri seperti ITB dan, dan UGM.

2.  Meningkatkan kerja sama penelitian dengan dunia industri yang berbasis pada pemecahan masalah nyata yang dihadapi perusahaan dalam persaingan.

3. Menggalakkan pengabdian pada masyarakat khususnya pengembangan sistem ter-padu dalam upaya meningkatkan mutu kerja produktif masyarakat pada umumnya dan dunia pada khusunya
  1. Meningkatkan kemampuan tenaga pengajar dalam membuat konsep-konsep ilmiah di bidang teknik industri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan mutu dan produktivitas kerja dalam menghadapi persaingan
    1. Menggalakkan kunjungan para tenaga pengajar kepada pusat-pusat kegiatan produksi masyarakat khususnya industri manufakturing UKM guna melakukan monitoring sistem produksi dan penyampaian usul-usul perbaikan
  Mengadakan sistem insentif bagi para tenaga pengajar yang efektif mendapat pengakuan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  1. Melakukan kegiatan-kegiatan yang efektif menstimulasi pertemuan / komunikasi  interaktif antara para tenaga pengajar Prodi TI dan dunia usaha khususnya industri manufakturing dan jasa mendapatkan masukan bagi masing-masing pihak.
    1. Menyebarluaskan konsep-konsep ilmiah di bidang teknik industri yang dikembangkan oleh tenaga pengajar sebagai kontribusi dalam membantu masyarakat dan dunia industri dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka
  Memperluas MOU / kerja sama yang saling menguntungkan

 

Bagi PS yang dibina oleh Program Studi Pendidikan Nasional, nama dosen tetap institusi yang terdaftar sebagai dosen tetap PS berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002, dalam tabel di bawah ini. 

No. Nama Dosen Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jab. Akad *** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT Bid. Keahlian utk Setiap Jenjang Pend.
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1

Abdul Rahim Matondang

(***)

0015085202 15-8-1952 Guru Besar Prof. Dr. Ir. MSIE S1 USU                            1979 Teknik Industri
S2 ITB                             1983 Teknik Manaj. Industri
S3 CIT Inggris                 1989 Prod. Planning
2

Humala Lodewijk Napitupulu

(***)

0019055401 19-5-1954

Guru Besar

Prof. Dr. Ir. DEA S1 USU                            1979 Teknik Industri
S2 GSI Nancy Prancis     1986 Teknik Industri
S3 GSI Nancy Prancis     1989 Teknik Industri
3

Harmein Nasution

(***)

0025055202 25-5-1952

Guru Besar

Prof. Dr. Ir. MSIE S1 USU                            1979 Teknik Industri
S2 ITB                             1983 Teknik Manaj. Industri
S3 UUM Malaysia           2010 Human and Social
4 Sukaria Sinulingga

NIDK

27-12-1945

Guru Besar

Prof.Dr, Ir. M.Eng

S1 – USU                              1973

S2 – Asian Institute of           1981  

Technology (AIT), Bangkok

S3 – Cranfield Institute of  Technology, England            1989

Teknik Industri

Teknik Industri

Teknik Industri

5 A. Jabbar M. Rambe

NIDK

16-5-1948 Lektor Kepala Dr, Ir. M.Eng

S1 – USU                              1974

S2 - Hiroshima University    1983

S3 – USU                              2013

Teknik Mesin

 Industrial   Engineering

 and Management

Teknik Industri

6 Hasan Basri Siregar

NIDK

18-8- 1943 Lektor Kepala Ir. MT

S1 – USU                         1974

S2 – USU                         2008       

Teknik Industri

Teknik Kimia

7 Abadi Ginting

NIDK

04-2-1950 Lektor Kepala Ir. MSIE

S1 USU                            1978

S2 ITB

Teknik Industri

Teknik Industri

8

Nazaruddin

(***)

0001086008 01-8-1960 Lektor Kepala Dr. Ir. MT. S1 USU                            1986 Teknik Industri
S2 ITB                             1995 Teknik Manaj. Industri
S3 UUM Malaysia           2011 Manaj. Teknologi
9

Listiani Nurul Huda

(***)

0002046903 02-4-1969 Asisten Ahli Dr. Eng. MT S1 USU                            1994 Teknik Industri
S2 ITB                             1998 Teknik Industri
S3 TUT Jepang                2004

Environmental & Life Eng.

10

Mangara M.  Tambunan

(***)

0010105507 10-10-1955 Lektor Kepala Ir. M.Sc. S1 USU                         1981 Teknik Industri
S2 CIT Inggris                1988 Teknik Industri

11

Elisabeth Ginting

(***)

0015025503 15-2-1955 Lektor Kepala Ir. M.Si.

S1 USU                         1980

S2 USU                         1997

Teknik Industri

Pengelolaan SDA dan Ling.

12

Khawarita Siregar

(***)

0001125908 01-12-1959 Lektor Kepala Ir. MT S1 USU                         1985 Teknik Industri
S2 ITB                           1994 Teknik Manaj. Industri
13

Ukurta

(***)

0008066208 08-6-1962 Lektor Kepala Ir. MT S1 USU                         1987 Teknik Industri
S2 ITB                           1998 Teknik Industri
14

Rosnani Ginting

(***)

0021026303 21-2-1963 Lektor Kepala Ir. MT S1 USU                         1989 Teknik Industri
S2 ITB                           1996 Teknik Manaj. Industri

15

Sugiharto

(***)

0020035405 20-3-1954 Lektor Kepala Ir. MM S1 USU                         1981    Teknik Industri
S2 Unibraw                   1998 MM
16

Dini Wahyuni

(***)

0024046603 24-4-1966 Lektor Kepala Ir. MT

S1 USU                         1993

S2 ITB                           2000

Teknik Industri

Teknik Manaj. Industri

17

Nurhayati

(***)

0014056803 14-5-1968 Lektor Kepala Ir. MT S1 USU                         1992 Teknik Industri
S2 ITB                           1999 Tekni Manaj. Industri
18

Anizar

(***)

0002106802 02-10-1968 Lektor Kepala Ir. M.Kes. S1 USU                         1993 Teknik Industri
S2 USU                         2001 IKM
19

Juliza Hidayati

(***)

0023076804 23-7-1968 Lektor Kepala Dr. Ir. MT S1 USU                         1993 Teknik Industri
S2 ITB                           1999 Teknik Manaj. Industri
S3 IPB                           2014 TIP
20

Aulia Ishak

(***)

0020116702 20-11-1967 Lektor Kepala - ST., MT. S1 USU                         1994 Teknik Industri
S2 ITS                           2002 Teknik Industri
21

Meilita Tryana Sembiring

(***)

0003057003 03-5-1970 Lektor Kepala Dr. ST., MT. S1 USU                         1994 Teknik Industri
S2 ITB                          2004 Teknik Manaj. Industri
S3 IPB                           2015 TIP
22

Tuti Sarma Sinaga

(***)

0011087103 11-8-1971 Lektor Kepala -

ST.,

MT.

S1 USU                         1996

S2 ITB                           2002

Teknik Industri

Teknik Manaj. Industri

23

Buchari

(***)

0010116705 10-11-1967 Lektor - ST., M.Kes S1 USU                         1993 Teknik Industri
S2 USU                         2007

IKM

24

Ikhsan Siregar

(***)

0010068001 10-6-1980 Lektor - ST., M.Eng S1 USU                         2003 Teknik Industri
S2 USM                        2008 Teknik Industri
25

Khalida Syahputri

(***)

0013067810 13-6-1978 Lektor - ST., MT. S1 USU                         2001 Teknik Industri
S2 USU                         2007 Teknik Industri
26

Rahmi Meilina Sari

(***)

0018038205 06-5-1980 Lektor - ST., MM(T). S1 USU                         2003 Teknik Industri
S2 UTM Malaysia        2008     Manaj. Teknologi
27

Erwin

(***)

0006097209

06-9-1972 Lektor - ST., MT. S1 USU                         1999 Teknik Industri
S2 USU                         2008    Teknik Industri
28 Muhammad Haikal Karana Sitepu 0008078403 08-7-1984 Asisten Ahli - ST., M.Eng. S1 USU                         2006 Teknik Industri
S2 UM Malaysia           2010 Manufaktur
29 Nismah Panjaitan 0112018003 12-01-1980 Asisten Ahli -

ST.,

MT

S1 USU                         2003

S2 USU                         2005

Teknik Industri

Teknik Industri

30 Indah Rizkya Tarigan, ST, MT. 0101018605 01-01-1986 Asisten Ahli - ST, MT

S1 Universitas Diponegoro 2008

S2 – USU                             2012                     

Teknik Industri

Teknik Industri

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional