Teknik Mesin

Sejarah Singkat Tentang Prodi Teknik Mesin    (http://dtm.usu.ac.id/)

 teknik mesin usu

Berdasarkan tingkat kebutuhan yang mendesak akan Sarjana Teknik Mesin secara Regional dan Nasional, maka pada tahun 1962 Pimpinan Fakultas/Universitas menugaskan beberapa orang untuk menjajaki Pengembangan dan Perluasan sistem Pendidikan pada Fakultas Teknik USU (Fakultas Teknik USU didirikan pada tahun 1959 dengan surat keputusan Menteri Muda Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 83303/S tanggal 26 Agustus 1959).

Melalui Sekretaris Fakultas (Prof. A. T. Barus, M.Sc.), Pimpinan Fakultas Teknik menerbitkan surat keputusan pada bulan Juli 1962 dan sekaligus membentuk sebuah Tim Persiapan Pembukaan Jurusan Mesin pada Fakultas Teknik USU.

Visi dan Misi

 Visi

Menjadi program studi Teknik Mesin berdaya saing internasional yang memiliki keunggulan akademik berciri kekayaan lokal

Misi 

  1. Menciptakan iklim akademik yang kondusif dalam mencapai proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik mesin dengan kurikulum berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang unggul serta mampu menjawabtuntutan pasar kerja nasional dan internasional dan atau mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Memacu dan membudayakan aktivitas penelitian dan pengabdian kepadamasyarakat melalui kompetisi pemenuhan dana hibah pada level daerah, nasional, serta internasional.
  4. Menumbuhkembangkan keunggulan akademik berdaya saing internasional yang berciri kekayaan lokal dengan bersinergi dengan pemerintah, industri, dan alumni.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana teknik mesin yang mampu dengan cepat dan mandiri mengembangkan kompetensi yang dimilikinya untuk menjadi profesional sebagai kontraktor, konsultan, enterpreneur, wirausaha, dan manajer atau menjadi akademisi yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
  2. Membentuk sivitas akademika yang memiliki budaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berciri kekayaan lokal untuk menjadi keunggulan akademik yang bertaraf internasional. 
  3. Mewujudkan kemandirian yang adaptif, kreatif, dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan, baik secara nasional maupun secara internasional.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran

Berdasarkan pencapaian ini, disusunlah sasaran Prodi TM selama periode2015-2019 seperti yang tertuang pada Renstra Prodi TM 2015-2019.

1.Menghasilkan program pendidikan, produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki keunggulan akademik bertaraf internasional dan berciri kekayaan lokal.

2.Menghasilkankegiatanprosesbelajarmengajar yang kondusifdan bermutusehingga terjadi transfer ilmu yang optimum.

3.Menghasilkan lulusan yang berkarakter BINTANG dan memiliki kompetensiilmuteknikmesin yang unggul serta mampu bersaing pada kompetisipekerjaan nasional dan internasional serta mampu meningkatkan ilmu kestrata yang lebih tinggi.Untuk mengukur perkembangan yang dicapai padatiap-tiapsasaran ini telahdisusun KPI (Key Performance Indicator) sasaran pada kondisibase year(2014)serta target pencapaian pertengahan (Mid-term) serta pada akhir periode Renstra (Final-term).

 

Adapun strategi yang dijalankan oleh FT USU sebagai unit pengelola program studi sarjana adalah:

  1. Menindaklanjuti usaha perbaikan secara berkesinambungan hasil evaluasi diri, temuan audit internal Sistem Manajemen Mutu (SMM) USU, audit internal maupun eksternal USU, seperti masukan BAN PT yang berhubungan dengan 15 butir mutu SMM USU maupun 7 butir mutu BAN-PT. 
  2. Memperbaiki dan membangun fasilitas pendidikan serta penelitian bekerjasama dengan pihak alumni, orang tua mahasiswa, industri dalam negeri melalui program Corporate Social Responsibility (CSR); serta institusi luar negeri melalui program kerjasama penelitian, program double degree, dan lain-lain.
  3. Memberdayakan departemen di lingkungan FT USU untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar universitas secara terprogram dan terintegrasi.
  4. Menyiapkan program untuk menghasilkan 7 karakteristik utama lulusan pada tingkat departemen, dan fakultas.

Upaya penyebaran/sosialisasi, serta tingkat pemahaman sivitas akademika (Dosen dan Mahasiswa) dan tenaga kependidikan tentang Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas.

Visi, misi dan tujuan seperti tersebut di atas dipersiapkan dengan melihat realitas dan berorientasi ke masa depan yang lebih baik, serta konsisten dengan perkembangan sejarah, budaya, dan nilai-nilai pendidikan tinggi yang  mencerminkan standar kompetisi. Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran yang berkelanjutan dilaksanakan melalui berbagai cara diantaranya:

  1. Disampaikan dalam Rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) dan Rapat Kerja Fakultas (RKF).
  2. Melalui Ketua Program Studi Sarjana disosialisakan kepada staf pengajar dan mahasiswa.
  3. Melalui Kepala Tata Usaha disampaikan kepada pegawai administrasi dan sivitas akademika lainnya.
  4. Disebarluaskan melalui website FT USU yaituhttp://ft.usu.ac.id dan banner yang ditempatkan di beberapa tempat yang strategis dan koran (terbit tiga kali dalam setahun) Simetrikal Engineering FT USU.
  5. Membuat papan visi dan misi dan meletakkannya pada setiap kantor Departemen dan Prodi S2/S3.

Melalui tata cara sosialisasi tersebut di atas, sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang ada di FT mampu memahami dengan baik visi, misi, tujuan, dan sasaran FT sebagai unit pengelola program studi yang ada di lingkungan.

Dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan tiap-tiap program studi di lingkungan Fakultas, berdasarkan jabatan fungsional dan pendidikan tertinggi.

No. Hal Jumlah Dosen Tetap yang Bertugas pada Departemen

Total Dosen

pada Fakultas

PS-1

DTS

PS-2

DTM

PS-3

DTE

PS-4   DTI PS-5 DTK PS-6 DA PS-7 DTL
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (8) (9)
A.Jabatan Fungsional:
1 Asisten Ahli 6 2 2 4 1 3 - 18
2 Lektor 10 11 10 3 6 13 1 54
3 Lektor Kepala 17 9 12 16 21 13 2 90
4 Guru Besar 4 4 - 3 4 1 - 16
TOTAL 37 26 24 26 32 30 3 178
B. Pendidikan Tertinggi
1 S1 5 2 - 1 - 1 - 9
2 S2 25 16 20 20 13 19 3 116
3 S3 7 8 4 5 19 10 - 53
TOTAL 37 26 24 26 32 31 3 178