Teknik Sipil

Sejarah Singkat Tentang Prodi Teknik Sipil http://tekniksipil.usu.ac.id/

t.sipil

Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara berdiri pada tahun 1959 yakni melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 83303/S tanggal 26 Agustus 1959.

Departemen Teknik Sipil adalah merupakan program tertua di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, dan sejarah berdirinya berkaitan dengan kebutuhan insinyur di Departement Pekerjaan Umum pada akhir tahun lima puluhan. Pada saat itu pendidikan tinggi dibidang teknik sipil di Indonesia hanya ada di Pulau Jawa. Pada tanggal 18 Januari 1958, Gubernur Sumatera Utara membentuk panitia pendirian Fakultas Teknik di Medan. Setahun kemudian, panitia, yang kemudian disebut dengan panitia delapan, akhirnya menyimpulkan bahwa Fakultas Teknik Negeri perlu segera didirikan di Medan, Sumatera Utara.

Pada gilirannya, Fakultas Teknik resmi mulai berdiri pada tanggal 1 September 1959 dengan hanya menjalankan satu Departemen yakni Departemen Teknik Sipil. Dalam awal perkembangannya Departemen Teknik Sipil USU dinamakan Jurusan Teknik Sipil USU. Pada tahun 1991, dosen-dosen di bawah Jurusan Teknik Sipil berhasil membuka Jurusan baru yaitu Jurusan Teknik Arsitektur USU. Pada Tahun 2001, dosen-dosen di bawah Jurusan Teknik Sipil USU berhasil pula membuka Progam Pasaca Sarjana Magister Teknik Sipil USU. Setelah USU menjadi PTN BHMN pada tahun 2005, Jurusan Teknik Sipil USU dinamakan Departemen Teknik Sipil dalam Struktur Organisasi USU.

 

STANDAR 1. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

1.1.1 Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran

program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Mekanisme penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi Teknik Sipil FT USU serta pihak-pihak yang dilibatkan adalah :

1. Pada Focused Group Discussion (FGD) Kurikulum berbasis KKNI, yang dilaksanakan pada Rabu/4 Maret 2015 dimana dirancangnya penyesuaian kurikulum, maka juga didiskusikan pentingnya penyusunan kembali visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi karena sejak 28 Februari 2014 USU mengalami perubahan Visi. FGD ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna IkATSi USU, melibatkan stakeholders , alumni, seluruh Staf Pengajar, pimpinan Fakultas dan Universitas.

2. Pada Focus Group Discussion (FGD) sosialisasi Renstra Fakultas Teknik 2016-2020, yang dilaksanakan pada Jumat/3 Juni 2016 dimana disosialisasikan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Teknik yang baru, maka sebagian peserta FGD yang merupakan stakeholders , alumni dan Staf Pengajar Prodi TS kemudian merancang Visi Program Studi Teknik Sipil yang baru.

3. Selanjutnya, rancangan Visi tersebut disosialisasikan pada rapat Staf Pengajar Prodi TS dan kepada alumni. Rancangan Visi tersebut kemudian dilengkapi dengan rancangan Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi TS.

4. Pada Selasa/30 Agustus 2016 Prodi Teknik Sipil mengadakan Focus Group Discussion (FGD) sosialisasi Renstra Prodi Teknik Sipil 2016-2020. FGD ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna IkATSi USU, melibatkan stakeholders, alumni, seluruh Staf Pengajar, pimpinan Fakultas dan Universitas. Pada FGD ini dirumuskan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi Teknik Sipil yang baru berdasarkan hasil masukan dari seluruh peserta FGD .

 

1.1.2 Visi

Visi Prodi Teknik Sipil yaitu :

“Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing global dalam pengembangan iptek dan riset rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal”

Makna Visi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

 “unggul dan berdaya saing global ” artinya memiliki keunggulan akademik yang akan dikembangkan USU untuk bersaing pada tataran global. Pada dokumen Renstra USU 2015-2019 dan Rencana Jangka Panjang USU 2015- 2039 telah ditetapkan keunggulan akademik yang berkarakteristik Sumatera Utara, disingkat “TALENTA” yang merupakan penjabaran dari “ Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable ), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic)”. TALENTA adalah produk yang akan menjadi keunggulan akademik seperti tuntutan visi pada Statuta USU. Adapun keunggulan akademik TALENTA yang dapat dicapai oleh Program Studi Teknik Sipil USU khususnya di bidang: Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism) dan Technology (appropriate). Fakultas Teknik kemudian membingkai keunggulan ini dalam bidang ilmu Teknik Sipil, Mesin, Elektro, Industri, Kimia, Arsitektur dan Lingkungan yang disingkat “ SIMETRIKAL” .

 “pengembangan iptek dan riset” merupakan bagian dari 3 (tiga) pilar utama yaitu pilar pendidikan dan pengajaran, pilar penelitian dan pilar pengabdian yang menjadi pedoman dalam mewujudkan Visi.

 “rekayasa infrastruktur” menekankan bidang yang dikuasai yakni bidang keteknik-sipilan. Sebagaimana diketahui bahwa Profil Lulusan Program Studi S-1 Teknik Sipil USU adalah “Menjadi Sarjana Teknik Sipil (Insinyur Muda) yang siap berkembang di proyek pemerintah atau swasta sebagai perancang (designer), pelaksana dan pengawas”.

 “kekuatan lokal“ menunjukkan bahwa Sumatera Utara memiliki Sumber Daya Alam yang khas seperti Danau Toba, Gunung Sinabung, Pelabuhan Sibolga, Pulau Nias, kawasan ekonomi Sei Mangke Batubara, pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Belawan, Bandara Kuala Namu, konservasi Orang Utan Bukit Lawang, SDA yang besar terutama air yang dapat dirubah menjadi energi, pengairan, air bersih, maritim bahari dan lain-lain; disamping juga kaya akan mineral batubara, minyak bumi, emas dan gas; serta hasil perkebunan sawit, karet dan coklat merupakan yang terbaik di Indonesia. Sumatera Utara berada di kawasan rawan gempa yakni Patahan Semangko, sehingga perlu dipersiapkan konstruksi tahan gempa dengan inovasi manfaat material yang dihasilkan oleh gempa. Sumatera Utara berada di Regional IMT-GT, merupakan kawasan strategis pertumbuhan ekonomi yang saling menguatkan antara Indonesia bagian Barat, Malaysia, Thailand dan Singapura. Kondisi ini didukung oleh Sumber Daya Manusia dengan pertumbuhan penduduk yang heterogen yang berasal dari berbagai daerah.

 

1.1.3 Misi

Untuk mewujudkan visinya, ditetapkan Misi Prodi Teknik Sipil sebagai berikut: 1.Menyelenggarakan pendidikan program sarjana Teknik Sipil yang menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global dalam bidang akademik dan berkarakter BINTANG.

2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian pada bidang rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang infrastruktur secara berkelanjutan.

4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan profesi dalam lingkup regional dan internasional.

5. Menyelenggarakan program pengembangan dan layanan profesi.

Tata nilai utama “BINTANG” menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan di Fakultas Teknik USU termasuk Prodi Teknik Sipil. “ BINTANG ” adalah tata nilai utama, yaitu:

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinekaan. Insan FT USU taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa bermohon kepada-Nya untuk segala upaya meraih keberhasilan, disertai semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda.

2. Inovatif yang berintegritas.

Insan FT USU menyadari bahwa untuk menjadikan FT USU sebagai fakultas ternama, bereputasi, dan memperoleh pengakuan internasional diperlukan inovasi di berbagai bidang dengan tetap berpedoman pada kaidah etika keilmuan dan profesionalisme.

3. Tangguh dan arif.

Insan FT USU pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam memperjuangkan cita-cita dengan tetap bersikap arif.

Tata nilai tambahan lainnya yang harus dimiliki oleh insan FT USU adalah berupa 7 (tujuh) karakteristik utama yaitu akhlak mulia, komunikatif, mampu bekerjasama dalam tim, jiwa enterpreneur, fokus, kompetitif dan berjiwa long life learning .

 

1.1.4 Tujuan

Dalam rangka mencapai visi dan menjalankan misi, maka Tujuan Prodi Teknik Sipil USU adalah sebagai berikut:

1. Terciptanya atmosfer akademik yang kondusif untuk pengembangan karakter BINTANG.

2. Menghasilkan lulusan Teknik Sipil yang unggul dan berdaya saing global serta berkarakter BINTANG.

3. Menghasilkan penelitian bidang rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal yang unggul dan inovatif.

4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis karya penelitian secara berkelanjutan.

5. Menguatnya jejaring nasional dan internasional dalam bidang akademik.

6. Menyelenggarakan program pengembangan dan layanan profesi.

 

1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Mengacu kepada Tujuan Prodi TS dan sejalan dengan Sasaran Fakultas Teknik, maka disusun Sasaran Prodi Teknik Sipil yang ingin dicapai dalam kurun waktu 2016-2020 sebagai berikut : 

Tujuan sasaran
  1. Terciptanya atmosfer akademik yang kondusif untuk pengembangan karakter BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Inovatif yang berintegritas; serta Tangguh dan arif), serta terselanggaranya manajemen modern berbasis website.

-  Terbentuknya suasana akademik di Program Studi Teknik Sipil USU secara bertahap berlandaskan karakter BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Inovatif yang berintegritas; sertaTangguh dan arif)

-  Seluruh sarana dan prasarana perkuliahan memenuhi kelayakan dan mutu untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran.

-      Terselanggaranya manajemen modern berbasis website.

  1. Menghasilkan lulusan Teknik Sipil yang unggul dan berdaya saing global serta berkarakter BINTANG.

-   Menggunakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan iptek dan kebutuhan pasar.

-      Minimal memiliki 40% dosen dengan kualifikasi S3 yang sesuai dengan bidang ilmunya.

-      Minimal 20% mahasiswa Prodi Teknik SipilUSU lulus tepat waktu.

-     Minimal 15 judul hasil penelitian dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

-Menghasilkan minimal 1 penelitian yang memperoleh HAKI.

  1. Menghasilkan penelitian bidang rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal yang unggul dan inovatif.

-  Setiap bidang konsentrasi Prodi memiliki penelitian inovatif berbasis kekuatan lokal.

-    Menghasilkan minimal 15 judul hasil penelitian inovatif berbasis kekuatan lokal.

-  Menghasilkan minimal 1 penelitian yang memperoleh HAKI.

-    Menjalin minimal 1 jenis kegiatan kerjasama penelitian internasional.

  1. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis karya penelitian secara berkelanjutan.

-    Melaksanakan minimal 5 pengabdian kepada masyarakat hasil penelitian berbasis kekuatan local yang merupakan penerapan teknologi tepat guna.

-  Membangun kerjasama pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai institusi.

  1. Menguatnya jejaring nasional dan internasional dalam bidang akademik.
-      Memiliki minimal 2 kegiatan kerjasama nasional dan 2 kegiatan kerjasama internasional.

Dalam rangka mencapai sasaran dalam kurun waktu 2016-2020, Program Studi Teknik Sipil USU melaksanakan beberapa Strategi Pencapaian sebagai berikut : 

Sasaran Strategi
Terbentuknya suasana akademik di Program Studi Teknik Sipil USU secara bertahap berlandaskan karakter BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Inovatif yang berintegritas; serta Tangguh dan arif)

-    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran   dengan kurikulum yang dirancang untuk membentuk dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu mengembangkan iptek berdasarkan moral agama, serta menjadi pelaku pembangunan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

-    Mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam komunitas yang menolong mereka memiliki hubungan yang kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

-    Memantau kuantitas dan kualitas tatap muka dosen dan mahasiswa melalui daftar kehadiran mahasiswa dan dosen pada setiap Mata Kuliah, Praktikum/Tugas Besar, Pembimbingan Akademik, Kerja Praktek, Tugas Akhir, dll. Daftar kehadiran ini sangat penting berkaitan dengan pelaksanaan evaluasi dan penjaminan mutu (quality assurance).

-    Melakukan Seminar Lokal 1 kali dalam setahun dan Seminar Nasional 1 kali dalam 2 tahun serta Seminar Internasional minimal 1 kali dalam 3 tahun.

-    Mengikut-sertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan seperti seminar nasional, survei, penelitian-penelitian dan pameran hasil-hasil penelitian, penyuluhan kepada masyarakat, kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta.

-    Mewajibkan Dosen untuk mempresentasikan hasil penelitian terapan untuk kasus-kasus yang ada di daerah Sumatera dan Indonesia pada umumnya dalam seminar lokal, seminar nasional dan seminar internasional.

-    Dosen membimbing mahasiswa pada perlombaan-perlombaan yang diikuti mahasiswa.

-    Mengadakan kegiatan bersama Dosen dan Mahasiswa serta Alumni (Kuliah Umum, Hiburan, dll).

Seluruh sarana dan prasarana perkuliahan memenuhi kelayakan dan mutu untuk melaksanakan aktivitas.

-      Menyediakan sarana yang mewadahi terpeliharanya interaksi dosen dan mahasiswa, baik di dalam maupun di luar kampus.

-      Memiliki jumlah laboran dan teknisi yang mencukupi kebutuhan kegiatan akademik.

-      Memiliki laboratorium pendidikan yang                                                                                                                                memenuhi standar Dikti dan laboratorium riset dengan fasilitas yang lengkap dan berkualitas.

-      Minimal 1 (satu) laboratorium memperoleh sertifikasi KAN.

-      Minimal 50% bahan kuliah online yang disampaikan dosen Prodi Teknik Sipil dapat diakses melalui open course ware (OCW) USU.

Terselanggaranya manajemen modern berbasis website.

-      Mengaktifkan kembali website Prodi Teknik Sipil USU yang penggunaanya dapat berperan komprehensif.

-      Melatih Sumber Daya Manusia di lingkungan Prodi Teknik Sipil USU untuk mampu menggunakan manajemen modern berbasis website.

-      Menerapkan prosedur mutu manajemen di Prodi Teknik SIpil USU berbasis website.

-      Karya-karya mahasiswa dan Dosen dipublikasikan berbasis website.

-      Menerapkan pendataan kinerja Dosen berbasis website.

Menggunakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan iptek dan kebutuhan pasar.

-      Setiap 3 tahun melakukan evaluasi dan revisi kurikulum Program Studi sesuai dengan perkembangan iptek dan kebutuhan pasar.

-      Mendorong dosen untuk mengaplikasikan hasil penelitian berbasis Kekuatan Lokal dalam tugas mata kuliah.

Minimal memiliki 40% dosen dengan kualifikasi S3 yang sesuai dengan bidang ilmunya.

-      Mempersiapkan dosen setiap bidang konsentrasi Prodi TS untuk memperoleh kualifikasi S3 yang sesuai.

-      Mengaktifkan upaya mencari beasiswa bagi staf pengajar untuk melanjutkan Program S3.

Minimal 20% mahasiswa Prodi Teknik Sipil USU lulus tepat waktu.

-      Memantau kuantitas dan kualitas tatap muka

dosen dan mahasiswa melalui daftar kehadiran mahasiswa dan dosen pada setiap Mata Kuliah, Praktikum/Tugas Besar, Pembimbingan Akademik, Kerja Praktek, Tugas Akhir, dll. Daftar kehadiran ini sangat penting berkaitan dengan pelaksanaan evaluasi dan penjaminan mutu ( quality assurance ).

Setiap bidang konsentrasi Prodi memiliki minimal 15 penelitian inovatif berbasis kekuatan lokal.

-      Menekankan proposal-proposal Tugas Akhir yang diajukan oleh mahasiswa berbentuk penelitian inovatif berbasis kekuatan lokal.

-      Menyelenggarakan kegiatan penelitian inovatif (oleh dosen dan mahasiswa) berbasis kekuatan lokal.

-       Menyiapkan laboratorium riset dengan fasilitas yang lengkap dan berkualitas.

-      Mendukung mahasiswa untuk ikut serta dalam perlombaan bidang Teknik Sipil yang diadakan baik dalam skala nasional maupun internasional.

-      Melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi pendukung keprofesian Teknik Sipil yang sifatnya ekstra kurikuler sebagai media mengasah kemampuan komunikasi dan pendidikan kepemimpinan dalam masyarakat sekaligus memperoleh kepercayaan diri.

Menghasilkan minimal 15 judul hasil penelitian dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

-      Mendorong Staf Pengajar dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah dengan memanfaatkan dana-dana yang tersedia dari DIKTI maupun hibah-hibah serta lembaga- lembaga/organisasi DN/LN secara maksimal dan efektif dengan tujuan-tujuan produktif dalam rangka pengembangan lingkungan akademik.

-      Bekerjasama dengan pihak terkait mendukung dosen dan mahasiswa dalam mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi.

Menghasilkan minimal 1 penelitian yang memperoleh HAKI.

-      Mengupayakan status (pengakuan) pada karya Teknik Sipil milik mahasiswa dan Staf Pengajar Prodi Teknik Sipil USU untuk memperoleh hak cipta/paten.

-      Memfasilitasi bantuan dalam rangka kemudahan untuk Dosen dan Mahasiswa dalam proses pengurusan produk iptek dan penelitian terapan Teknik Sipil untuk memperoleh HAKI.

Melaksanakan minimal 5 pengabdian kepada masyarakat hasil penelitian berbasis kekuatan lokal yang merupakan penerapan teknologi tepat guna.

-      Mewajibkan Dosen Prodi Teknik Sipil USU untuk mengajukan proposal pengabdian masyarakat hasil penelitian berbasis kekuatan Lokal melalui pemanfaatan dana-dana yang tersedia dari DIKTI maupun hibah-hibah serta lembaga-lembaga/ organisasi DN/LN.

-      Mendukung dosen dan mahasiswa dalam mengaplikasikan hasil penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

- Menjalin minimal 1 jenis kegiatan kerjasama penelitian internasional.

- Membangun kerjasama pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai institusi.

- Memiliki minimal 2 kegiatan kerjasama nasional dan 2 kegiatan kerjasama internasional.

-      Mengembangkan jaringan kerja sama secara nasional dan internasional melalui berbagai lembaga pendidikan tinggi serta lembaga lainnya dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat serta pertukaran Dosen dan mahasiswa.

-      Mewajibkan Dosen Prodi Teknik Sipil USU untuk mengajukan proposal kerjasama internasional melalui pemanfaatan dana-dana yang tersedia dari DIKTI maupun hibah-hibah serta lembaga-lembaga/ organisasi DN/LN secara maksimal dan efektif.

-      Mengintegrasikan pengelolaan sumber daya, infrastruktur dan sarana yang mengutamakan terjadinya resourcers sharing dan facilities sharing sesuai dengan tekad USU menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

Untuk mengetahui dan mengevaluasi keberhasilan strategi pencapaian hingga mewujudkan Visi Prodi TS maka indikator-indikator yang ingin dicapai perlu ditetapkan. Adapun indikator-indikator yang harus dicapai untuk mewujudkan Visi Prodi Teknik Sipil adalah sebagai berikut :

 

Pilar Tri

Dharma

Perguruan

Tinggi

Indikator

Base line

2016

2017

2018

2019

2020

Pendidikan

dan

Pengajaran

Evaluasi dan revisi

kurikulum (integrasi tata nilai utama BINTANG dan keunggulan kompetitif TALENTA SIMETRIKAL)

-

-

-

-
IP rata-rata mahasiswa 3,2 3,2 3,2 3,3 3,3 3,4
Masa studi rata-rata mahasiswa (dlm tahun) 5,2 5,2 5,0 4,8 4,6 4,5
Jumlah penelitian yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar/materi kuliah

1

2

5

5

8

10

Persentase dosen yang membuat bahan kuliah online dan masuk dalam open course ware (OCW) USU

15%

17%

20%

25%

40%

55%

Persentase dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan S3/Doktor

10%

15%

25%

30%

35%

40%

Jumlah Guru Besar 3/33 3/33 3/33 4/33 5/33 6/33

Penelitian

Jumlah proposal penelitian yang mendapat pendanaan dari Dikti

3

5

6

8

9

10

Jumlah buku yang diterbitkan berstandar nasional atau internasional 2 2 2 3 4 6
Jumlah publikasi dosen di jurnal nasional terakreditasi. Tidak
ada data
Tidak ada data 2 3 4 5
Jumlah publikasi dosen di jurnal internasional bereputasi 5 5 6 7 10 15
Jumlah kerjasama aktif penelitian internasional 0 0 0 1 1 1
Jumlah perolehan HaKI 0 0 0 1 1 1
Jumlah penyelenggaraan konferensi nasional 4 1 1 1 1 1
Jumlah hibah penelitian mahasiswa non Dikti 1 1 1 2 2 5

Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengembangan desa/kawasan mitra 1 1 1 2 2 3
Jumlah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 0 1 1 2 4 5
Jumlah proposal Pengabdian pada Masyarakat 5 4 8 10 10 10

Tenaga Kependidikan

Persentase terpenuhi tenaga analis, teknisi, dan laboran di laboratorium 1/7 1/7 3/7 5/7 7/7 7/7
Persentase terpenuhi tenaga administrasi/ keuangan mengikuti kursus kompetensi

25%

25%

50%

75%

100%

100%

1.2 Sosialisasi

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

  1. Menerbitkan buku pedoman Prodi Teknik Sipil USU yang mencantumkan Visi, misi dan tujuan Prodi Teknik Sipil USU.
  2. Memasang spanduk dan papan nama yang mencantumkan Visi dan Misi Prodi di tempat-tempat yang langsung terlihat seperti pada dinding di depan pintu masuk Gedung Administrasi, pada dinding lorong di Gedung Perkuliahan & Ruang Dosen, pada dinding di depan pintu masuk Gedung Ikatsi dan pada dinding di Laboratorium serta pada ruang Ketua dan Sekretaris Program Studi Teknik Sipil USU.
  3. Membuat brosur, leaflet, poster yang diletakkan pada tempat tertentu
  4. Pada Rapat Staf Pengajar Prodi TS yang rutin diadakan minimal 2 kali tiap semester.
  5. Pada Rapat Ketua Prodi dengan tenaga non kependidikan yang rutin diadakan minimal 2 kali tiap semester.
  6. Pada perkuliahan setiap minggu di depan kelas dengan menyisipkan kegiatan ini sebelum perkuliahan dimulai.
  7. Menampilkannya pada konten website Prodi TS dan website IMS yang terintegrasi dengan website Fakultas Teknik USU (http://ft.usu.ac.id/) serta website USU (http://usu.ac.id/id/).
  8. Pada Rapat dengan para pimpinan di tingkat Fakultas dan Universitas.
  9. Melalui pertemuan alumni yang diadakan minimal setahun sekali.
  10. Pada papan pengumuman yang ada di Prodi TS.
  11. Pada surat undangan seminar dan sidang skripsi dicantumkan Visi, Misi Prodi.
  12. Mewajibkan mahasiswa mengucapkan Visi Misi Prodi pada saat seminar dan sidang skripsi.

Mewajibkan pertanyaan berikut: "Sebutkan Visi dan Misi Prodi Teknik Sipil USU" sebagai soal kuis atau tanya jawab pada kegiatan MOS, Kuliah Umum, Seminar, ataupun kegiatan IMS lainnya, dll

 

Bagi PS yang dibina oleh Program Studi Pendidikan Nasional, nama dosen tetap institusi yang terdaftar sebagai dosen tetap PS berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002, dalam tabel di bawah ini.

 dosen1

dosen2

dosen3

dosen4