Medan-FT: Dalam rangka memperkuat tali silaturahim setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Keluarga Besar Fakultas Teknik USU menyelenggarakan acara Halal Bihalal bertempat di Aula FT USU, Jum’at 13 Juli 2018. Tujuan acara Halal Bihalal ini untuk menumbuhkan relasi kemanusiaan yang lebih sejuk dan menentramkan.

Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Fakultas (Dekan, WD I, WD II dan WD III), Para Guru Besar di lingkungan FT, Ketua dan Sekretaris Prodi S1, S2 dan S3, Pengurus DW FT USU, Kabag dan Kasubbag, Staf Ahli FT, Unsur-unsur GJM dan GKM, Seluruh Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan FT USU, PEMA dan Ikatan/Himpunan Mahasiswa FT USU.

Acara dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Alqur’an oleh Afifah Radhiyatullah, ST dan Saritilawah oleh Neneng Isnaini Lubis, ST dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D. Dalam sambutannya Dekan mengucapkan terimakasih kepada Staf Pengajar yang akan pensiun atas jasa-jasa yang diberikan selama bertugas di FT USU yang telah ikut dalam mencerdaskan mahasiswa. Juga kepada Tenaga Kependidikan, yang telah bekerja keras membantu kelancaran administrasi di FT USU. Dalam kesempatan itu Dekan juga memohon ma’af, jika selama bertugas ada salah dan hal-hal yang membuat Bapak-Ibu terganggu. Selanjutnya Dekan mengucapkan terimakasih kepada Al Ustadz Prof. Dr. H. Hasballah Thaib, MA yang akan menyampaikan Tausiahnya, mudah-mudahan kita semua dapat mengambil hikmah dari apa yang akan beliau sampaikan. Diakhir sambutannya Dekan menyampaikan permintaan ma’af lewat pantun.

Ikan gabus, ikan pari
Paling sedap kalau dimakan
Niat tulus dibulan Fitri
Saya berharap untuk dimaafkan

Anak gembala di dalam padi
Burung dara mencari makan
Khilaf dan salah pasti terjadi
Mari kita saling mema’afkan

Setelah kata sambutan dari Dekan, selanjutnya Tausiah dan Doa disampaikan oleh Prof. Dr. H. Hasballah Thaib, MA. Inti tausiah beliau adalah bahwa dengan pendekatan Al Qur’an, maka yang dimaksudkan dengan Halal Bihalal adalah terbangunnya komitmen bersama untuk selalu melakukan yang baik dan bermanfaat serta menyenangkan semua pihak.

Kegiatan Halal Bihalal ini ditutup dengan penyerahan bingkisan/cendramata kepada PNS yang pensiun yaitu:  Ir Syahrawardi (TE), Ir. Joni Haryanto (TS), Ir.Sanci Barus, MS (TS), Ir. Tekad Sitepu, MT (TM), Ir. Syamsul Amien, MS (TE), Ir. Syahrul Fauzi Siregar, MT (TK), Ir. Masnin (KTU), Janes Hutagalung (Perlengkapan) dan Armansyah (Agenda) serta pelepasan Calon Haji/Hajjah yaitu: Prof. Dr. Ir. M. Turmuzi Lubis (TK), Dr. Ir, Fatimah, MT (TK) dan Nilawati Sihombing (Sekretaris Dekan).  

HBH 1   HBH 2   HBH 3
         
 HBH iv    HBH 6    HBH 8
         
 HBH 5    HBH 10    HBH 7

Suasana Halal Bihalal yang penuh dengan nuansa religius, kekeluargaan dan keterbukaan akan membangun komitmen bersama untuk melepaskan diri dari segala perbuatan yang sia-sia sehingga tercipta komunikasi yang sehat antara Pimpinan, Tenaga Pengajar dan Tenaga Kependidikan.(ahn)

Medan-FT: Program Studi Teknik Lingkungan, merupakan Program Studi yang paling bungsu pada Fakultas Teknik USU yang baru didirikan pada tahun 2011. Prodi Teknik Lingkungan USU juga merupakan Prodi Teknik Lingkungan pertama di Sumatera Utara. Prodi ini lahir untuk menjawab kebutuhan ketersediaan tenaga teknik lingkungan di Sumatera Utara.

Dalam meningkatkan mutu Prodi Teknik Lingkungan FT USU, akreditasi sendiri menjadi tuntutan wajib dari pemerintah kepada Prodi. Berdasarkan hal tersebut Tim Asesor dari BAN-PT melaksanakan Asesmen Lapangan pada Prodi Teknik Lingkungan FT USU. Tim yang terdiri dari Dr. Ir. Tri Padmi (ITB) dan Dr. Ir. Munawar Ali, MT (UPN Veteran Jatim) diterima oleh Pimpinan Dekanat Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D (Dekan), Prof. Dr.Ing.Ir Johannes Tarigan (WD I), Ir. Syahrizal, MT (WD II), Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si (WD III), Tim Kerja Penyusun Borang Akreditasi dan segenap Staf Pengajar Prodi Teknik Lingkungan bertempat di Ruang Rapat LT. II FT USU pada hari Senin, 04 Juni 2018.

L1   L2   L3

 

Penilaian akan mengacu pada tujuh standar instrumen akreditasi Ban PT, Sebagai berikut:
- Standar 1. Visi,misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
- Standar 2. Tatapamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu.
- Standar 3. Mahasiswa dan lulusan.
- Standar 4. Sumber daya manusia.
- Standar 5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik.
- Standar 6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.
- Standar 7. Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

L4   L5   L6

 

Dalam kesempatan ini Dekan mengharapkan semoga Akreditasi Prodi Teknik Lingkungan ini mendapat nilai yang memuaskan sehingga kedepannya Ilmu Teknik Lingkungan ini lebih fleksibel, menyesuaikan dengan perkembangan-perkembangan yang ada sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan teknologi sekarang ini.(ahn)

Medan-FT: Bertempat di Ruang Rapat FT USU pada hari Senin, 14 Mei 2018 pukul 08.00 WIB Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D dan segenap Pimpinan Fakultas, Ketua/Sekretaris Prodi dan Staf Pengajar Prodi S2 Teknik Sipil menerima Tim Asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Ir. Sunjoto,Dip., HE., DEA (UGM) dan Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono M Dj., MS (Unibraw) yang akan melaksanakan Asesmen Lapangan pada Program Studi S2 Teknik Sipil Fakultas Teknik USU.

s2a   s2b   s2c

Proses akreditasi program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi S2 Teknik Sipil FT USU. Evaluasi diri tersebut mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan tinggi yang bersangkutan.

s2 1   s2 2   s2 3

Dalam kesempatan ini Dekan FT USU memaparkan bahwa akreditasi program studi ini, sedikit banyak bergantung pada kualitas dosen pengajar. Para dosen ini besar perannya dalam menentukan nilai akreditasi dan dosen dituntut bisa mempunyai rasa memiliki terhadap program studi di perguruan tinggi tempatnya bernaung. Semoga Akreditasi ini membuahkan hasil yang memuaskan. (ahn) 

Medan-FT: Dalam rangka untuk melaksanakan Tata Kelola Universitas yang Baik (Good University Governance) di lingkungan Universitas Sumatera Utara, Majelis Wali Amanat (MWA) dan Senat Akademik (SA) USU mengadakan kunjungan/visitasi ke Fakultas Teknik USU pada hari Kamis, 24 Mei 2018, pukul 09.00 WIB. Tim diterima oleh Dekan (Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D), Wakil Dekan I (Prof. Dr. Ing. Ir. Johannes Tarigan), Wakil Dekan II (Ir. Syahrizal, MT), Wakil Dekan III (Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si), Ketua/Sekretaris Departemen dan Staf Ahli bertempat di ruang Rapat Lt II FT USU.

MWA 1   MWA 2


Tujuan dari kegiatan Visitasi Fakultas ini adalah mengindentifikasi masalah pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan Fakultas Teknik USU. Identifikasi masalah dan pendataan visitasi meliputi: Program Pedidikan, Organisasi, Ketenagaan, Sarana dan Prasarana, Keuangan dan Kemahasiswaan.

MWA 3 MWA 4

 

Diakhir acara Dekan mengharapakan Pimpinan Dekanat, Pimpinan Departemen dan seluruh Staf Pengajar agar proaktif memperhatikan pandangan masyarakat akademik dan mayarakat umum tentang mutu akademik di Fakultas Teknik USU.(ahn)

Medan-FT: Fakultas Teknik USU menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) Tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jum’at, 19-20 April 2018 bertempat di The Hill, Hotel & Resort Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang yang merupakan salah satu kawasan favorit tempat tujuan wisata warga Kota Medan. Acara dibuka oleh Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D. dengan ucapan "Atas nama Dekanat Teknik Universitas Sumatera Utara kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir pada hari ini yang ikut mensukseskan rangkaian kegiatan Pra Musrenbang T.A. 2019. Mudah-mudahan Pra Musrenbang ini dapat memberikan konstribusi nyata untuk peningkatan kualitas pendidikan di Fakultas Teknik USU".

Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Dekanat Prof. Dr. Ing. Ir. Johannes Tarigan (WD I), Ir. Syahrizal, MT (WD II) dan Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si (WD III), Ketua dan Sekretaris Departemen/Program (S1, S2 dan S3), Ketua dan Sekretaris Program Studi Profesi (Profesi Insinyur dan Profesi Arsitek), Staf Ahli Dekan dan Kasubbag di lingkungan Fakultas Teknik USU.

 pembukaan 1   nara sumber 

 

Setelah pembukaan dan kata sambutan dari Dekan, kemudian dilanjutkan paparan Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, MSME (Wakil Rektor IV USU Bidang Informasi Perencanaan dan Pengembangan) sebagai narasumber dengan materi “Rencana Program Kerja USU 2019”, yang diwakili oleh Fadli, SE, M.Si selaku Staf Ahli Rektor.

Selanjutnya pemaparan Program Kerja dan Anggaran Program Studi yang disampaikan oleh masing-masing Ketua/Sekretaris Prodi, dengan alokasi waktu pemaparan program selama 15 menit. Pada acara berikutnya dilaksanakan Sidang Komisi selama satu jam dimana peserta dibagi menjadi 2 (dua) komisi, yaitu Komisi I Program Studi S1 dan Komisi II Program Studi S2/S3 dan Program Studi Profesi. Pada Kegiatan Sidang Komisi, fasilitator bertugas memberikan masukan terhadap kegiatan pengembangan yang diusulkan oleh Prodi, memberikan informasi yang diperlukan dan menampung aspirasi.

rapat komisi 1   rapat komisi 2   suasana rapat

 

Pemaparan progja s1   pemaparan progja prodi s2s3

  

Sidang Pleno dilaksanakan pada penghujung acara, dalam Sidang Pleno ini Simpulan Komisi disampaikan oleh masing-masing Ketua Komisi dalam bentuk Rangkuman Simpulan, Notulen dan Berita Acara. Program Kerja dan Anggaran masing-masing Prodi ditandatangani oleh Ketua Prodi dan Dekan.

 

tim staf ahli dekan   tanda tangan Prog. Kerja   foto bersama
         
olahraga   penutupan   pulang

 

Pada penutupan acara, Dekan mengatakan melalui Musrenbang ini diharapakan terwujudnya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi rencana kerja dan anggaran satuan kerja di lingkungan FT USU dalam menjalankan program yang bersifat prioritas untuk segera dilaksanakan. (ahn)

Page 1 of 8