Medan-FT: Pusat Unggulan Energi Berkelanjutan & Biomaterial Universitas Sumatera Utara telah melaksanakan Kuliah Tamu. Acara ini diselenggarakan selama dua hari. Hari pertama dilaksanakan pada hari Jum’at, 08 Desember 2017 bertempat di ruang Sidang Teknik Elektro FT USU menghadirkan pembicara Prof. Osamu Miki dan Prof Tatsuo Ishijima dari Kanazawa University dengan tema “Sustainable Energy & Introduce The Outline Of Kanazawa University And Research Center For Sustainable Energy And Technology Activities.   

 

Hari kedua Kuliah Tamu dengan tema “Pinch Analysis For Sustainable Energy” dengan pembicara Prof. Dr. Zainuddin A Manan (Founder of Prospect UTM, Malaysia) dan Prof. Ir. Dr. Syarifah Rafidah Wan Alwi (Director of Prospect UTM, Malaysia). Bertempat di Aulia FT USU pada Selasa, 12 Desember 2017.

 

Kuliah tamu ini dihadiri Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D, Wakil Dekan III Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si, Ketua PUI, Dosen dan lebih dari 300 mahasiswa Fakultas Teknik USU. Dekan mengharapkan melalui kuliah tamu ini dapat meningkatkan penelitian dan pengembangan energi berkelanjutan dan biomaterial Universitas Sumatera Utara.

Medan-FT: Bertempat di Ruang Senat Akademik Lt. II Gedung Biro Pusat Administrasi Universitas Sumatera Utara (BPA-USU) Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D, Wakil Dekan III Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si dan segenap anggota Senat Akademik FT USU menghadiri acara kunjungan kerja Senat Akademik Fakultas Teknik Universitas Indonesia ke Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara pada Rabu, 13 Desember 2017. Agenda kunjungan yaitu Peran Senat Akademik Fakultas dalam Pengawasan Bidang Akademik. 

Anggota Senat Akademik FT UI yang berkunjung yaitu, Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc, Dr. Ir. Praswasti, P.D.K Wulan, M.T dan Ir. Abdul Wahid, M.T, Ph.D. Anggota Senat Akademik FT UI mengatakan bahwa ada ciri khas dari USU, harapannya semoga FT UI dan FT USU kedepannya saling bersinergi.

SA1   SA2   SA3
         

 

Medan-FT: Bertempat di Grand Aston City Hall Hotel, Kesawan, Medan. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) menyelenggarakan konferensi tahunan “TALENTA-CEST 2017” untuk memperingati Dies Natalis FT USU ke-58 tahun 2017, acara ini diselenggarakan pada tanggal 7-8 September 2017. Acara dibuka oleh Wakil Rektor II USU Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked. (O.G), Sp.O.G (K) yang didampingi Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D. 

 

Konferensi TALENTA-CEST 2017 adalah konferensi internasional yang menawarkan kesempatan berbagi pengetahuan, jaringan dan kolaborasi antara insinyur, ilmuwan dan teknolog serta akademisi dan peneliti yang bekerja di bidang teknik. Panitia telah memilih tema "Energi Berkelanjutan dan Bahan Bio". Acara konferensi itu sendiri akan mencakup bidang teknik yang luas: Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Arsitektur, dll. Program TALENTA-CEST2017 terdiri dari sesi presentasi interaktif, presentasi utama dari para ahli di bidang terkait dan acara sosial termasuk jamuan makan malam dan tur konferensi.

 

WR II   Dekan 
     
 FullSizeRender1    FullSizeRender

 

 

Tema Konferensi: Energi dan Bahan Lestari

 

Konferensi ini mencakup topik berikut:

Teknologi Energi Berkelanjutan:
Teknologi Energi, Produksi dan Manajemen Energi, Energi Pemulihan, Bahan Bakar Nabati, Hidrogen dan Sel Bahan Bakar, Desain Mekanis dan Manufaktur, Pemanasan dan Aplikasi Pendingin, Pemeliharaan Sistem Mekanik, Distribusi dan Manajemen Pembangkitan Listrik,

Pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan
Produksi Bersih, Penanganan Sampah, Manajemen Proyek Konstruksi dan Keselamatan, Teknik Bencana dan Resiko, Studi Pembangunan, Pertumbuhan dan Pengembangan Ekonomi, Warisan dan Lingkungan yang Dibangun, Manusia dan Masyarakat,

Kebijakan Energi Berkelanjutan
Perubahan Iklim, Pemanasan Rumah Hijau, Tindakan Mitigasi, Mekanisme Pakan-in-Tarif (FIT), Perencanaan Energi, Regulasi Energi

Biomaterial
Polimer, Biomekanik, mekanika fraktur, kelelahan, creep, Teknologi Bangunan, teknologi nano, biopolimer, rekayasa jaringan
Pengelolaan dan pengembangan industri hijau
Desain Sistem Rekayasa untuk Keberlanjutan, Produktivitas Hijau, Manajemen Lingkungan untuk Sistem Industri yang Berkelanjutan, Manajemen Teknik dan Resiko, Ergonomika Hijau

Infrastruktur Hijau
Material Konstruksi Berkelanjutan, Rekayasa Struktural & Konstruksi, Teknik Beton, Teknik Geoteknik, Hidrolik, Hidrologi dan Teknik Air, Teknik Transportasi

Komputasi untuk Sistem dan Bahan Energi
Metode Komputasi untuk Energi Berkelanjutan, dan Mekanika Terapan, Pemodelan Lingkungan

TIK untuk Sistem dan Bahan Energi
Power Electronics, Komputer dan Komunikasi Mendukung Sistem Energi, Sistem Pintar, Optimalisasi

 

Pembicara utama:

Prof. Hanafi Ismail (Universiti Sains Malaysia, Malaysia)
Prof. Hiromi Homma (Universitas Teknologi Toyohashi, Jepang)
Dr. Edward Halawa (Charles Darwin University, Australia) *

 

Dewan Kehormatan:

Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum (Rektor Universitas Sumatera Utara)
Ir. Seri Maulina, MSi, PhD (Dekan, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara)

 

Dewan Internasional:

Prof. Hiromi Homma (Universitas Teknologi Toyohashi, Jepang)
Prof. Hiroyuki Daimon (Toyohashi, Jepang)
Prof. Masashi Daimaruya (Institut Teknologi Muroran, Jepang)
Prof. Marwan Al-Akaidi (Universitas Terbuka Arab, Kuwait)
Prof. Nik Meriam Nik Sulaiman (Universitas Malaya, Malaysia)

 

Komite Ilmiah:

Prof. T. Indra Mahlia (Uniten, Malaysia)
Prof. Hiroyuki Daimon (Toyohashi, Jepang)
Prof. Hideki Kawai (Institut Teknologi Muroran, Jepang)
Assoc. Prof. Edy Harianto Majlan (UKM, Malaysia)
Prof. Marwan Al-Akaidi (Universitas Terbuka Arab, Kuwait)
Dr. Edward Halawa (Charles Darwin, University, Australia)
Fahmi, Ph.D (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Dr.Eng Irvan (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Dr.Eng Himsar Ambarita (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Dr. Taufiq Bin Nur (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)

 

Panitia penyelenggara:

Ketua: Indra Surya, Ph.D
Sekretaris: Suherman, Ph.D
Bendahara: Adina Sari Lubis
Anggota:
1. Rondang Tambun
2. Taufiq Bin Nur
3. Listiani Nurul Huda
4. Fahmi
5. Ahmad Perwira Mulia Tarigan
6. Fahmi Ridwan
7. Irvan
8. Benny O Y Marpaung
9. Dani Gunawan

Medan-FT: Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara untuk melaksanakan surveilen hasil akreditasi Program sarjana Teknik Sipil FT USU yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Desember 2017. Tim Asesor disambut oleh Dekan Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D, WD I Prof. Dr. Ing. Johannes Tarigan, WD II Ir. Syahrizal, MT, Ketua Departemen TS Dr. Medis Surbakti, ST, MT dan seluruh Staf pengajar bertempat di ruang Sidang TS.

Asesor Sipil

Tim asesor BAN-PT terdiri dari Prof. Dr. Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc (IPB-Bandung), Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M.Eng (UNHAS-Makasssar), Ekwan Tunggul Wibowo, SE (Staff BAN-PT) dan Prof. Bambang Suryaatmono (Majelis BAN-PT) ini melakukan assessment lapangan kepada personel TS FT USU, meliputi Visi dan Misi, Tata Pamong, Mahasiswa dan Lulusan, SDM, Akademik, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Prasarana dan Sarana dan Keuangan. Hasil penilaian dari visitasi BAN-PT ini berdasarkan wawancara, dokumen dan observasi.

asesor 1   asesor2   a1    
             
 a3    a4    a5    

 

Disela-sela kesibukannya Rektor USU Prof. Runtung Sitepu, SH, M.Hum menyempatkan diri menghadiri Surveilen Hasil Akreditasi Prodi Teknik Sipil FT USU dan mengatakan bahwa seluruh pihak khususnya Fakultas Teknik sangat mendukung dan berharap agar akreditasi ini akan menuai hasil yang sangat maksimal seperti Prodi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia dan Arsitektur yang mendapat akreditasi sangat memuaskan A.

Medan-FT: Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, M.Hum hadir dalam acara prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung Pendidikan Program Studi Teknik Lingkungan di Fakulas Teknik USU pada Jum’at (25/08). Prosesi peletakan batu pertama ini dihadiri oleh segenap Pimpinan Fakultas, Ketua/Sekretaris Departemen dan Dosen FT USU.

pbp1 pbp2 pbp3

Rektor USU Prof. Runtung Sitepu mendapat kesempatan meletakkan batu pertama, disusul Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D dengan menuangkan semen dan meletakkan batu gamping ke pondasi pertama bangunan.

pbp4 pbp5 pbp6

Dalam sambutannya Rektor mengatakan besar harapan kita bersama pembangunan berjalan lancar sampai akhir sehingga gedung ini bisa segera dipakai sebagai sarana pembelajaran dan mampu mengakses jumlah daya tampung Prodi Teknik Lingkungan yang bertambah setiap tahunnya.

Setelah acara peletakan batu pertama, Rektor USU melakukan kunjungan untuk meninjau acara PKKMB USU 2017 di setiap Fakultas.

Page 1 of 6