Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi Q1 dan Q2 FT USU

Medan-FT: Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi Q1 dan Q2 FT USU diselenggarakan pada hari Jum’at, 20 Juli 2018 bertempat di Ruang Cendana 3 Lt. 3 Hotel Grandhika, Setia Budi, Medan. Acara ini berlangsung dari pukul 09.00-16.00 WIB. Workshop ini dihadiri oleh Drs. Mahyuddin K.M Nasution, MIT, Ph.D (Wakil Rektor III USU), Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D (Dekan FT), Prof. Dr. Ing. Johannes Tarigan (Wakil Dekan I), Ir. Syahrizal, MT (Wakil Dekan II), Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si (Wakil Dekan III), Prof Madya Dr. Edy Herianto Majlan, AMIChemE (Fuel Cell Institute, Universiti Kebangsaan Malaysia) dan tujuh puluh staf pengajar FT USU sebagai peserta. 

Kata sambutan dari Dekan FT USU dengan ucapan untuk mengawali workshop kali ini marilah kita bersama-sama terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas segala limpahan rahmatNya kita semua dapat berkumpul dalam rangka menghadiri acara workshop pada pagi hari ini dalam keadaan sehat wal afiat dan tanpa aral suatu apapun.

Acara secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III USU, dalam sambutannya beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan visi misi Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global, diperlukan upaya diberbagai aspek kegiatan akademik di lingkungan USU. Salah satu aspek kegiatan akademik yang memerlukan peningkatan adalah publikasi karya ilmiah oleh dosen USU. Publikasi karya ilmiah dosen USU masih belum mampu menyaingi universitas terkemuka lain di Indonesia, terutama untuk publiksai di jurnal internasional bereputasi. Oleh sebab itu, workshop ini diadakan untuk mendorong publikasi di jurnal internasional bereputasi yang dikategorikan sebagai jurnal Q1 dan Q2.

Setelah acara pembukaan, berlanjut ke acara inti yaitu pelaksanaan workshop yang bertujuan untuk menyiapkan artikel siap terbit dan diterima di jurnal internasional bereputasi dengan narasumber Prof Madya Dr. Edy Herianto Majlan, AMIChemE (Fuel Cell Institute, Universiti Kebangsaan Malaysia) dengan materi pelatihan: 

- Persiapan untuk menghasilkan karya ilmiah berkualitas
- Penulisan Artikel Ilmiah (Step by step; Tips &Tricks)
- Publikasi ke High Impact Journal tanpa biaya (Step by step; Tips &Tricks)
- Pengenalan dan latihan Software Mendeley

DSC 0764   DSC 0770   DSC 0783
         
 DSC 0787    DSC 0791    DSC 0792
         
 DSC 0807    DSC 0845    DSC 0837

  

Beliau menyampaikan diperlukan tindakan menulis dengan perhatian khusus pada hal-hal yang seharusnya, anjuran dan larangan untuk ditulis pada artikel, yang kesemuanaya dapat dilakukan secara mandiri dan diperkuat melalui pelatihan terbimbing. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah yang baik dan benar, juga menghasilkan artikel siap terbit pada Jurnal Ilmiah Internasional. (ahn)