Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Fakultas Teknik USU 2018

Medan-FT: Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Penyambutan Mahasiswa Baru 2018 dengan menyelenggarakan Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Pada Tingkat Universitas acara PKKMB ini dibuka oleh Rektor USU, Prof. Dr. Runtung, Sitepu, SH, M.Hum di Stadiun Mini USU pada Senin, 27/8 yang dihadiri oleh Segenap Pimpinan Universitas, Pihak Dekanat, Edy Rahmayadi Gubernur terpilih SUMUT, Himpunan/Ikatan Mahasiswa Jurusan serta Mahsiswa Baru angkatan 2018 dari masing-masing Fakultas.

PKKMB pada tingkat Fakultas di buka oleh Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D selaku Dekan FT USU, yang dihadiri oleh Prof. Dr. Ing. Johannes Tarigan (WD I), Ir. Syahrizal, MT (WD II), Prof. Dr. Eng. Ir. Irvan, M.Si (WD III), Ketua/Sekretaris Departemen, PEMA, Himpunan/Ikatan Departemen dan Panitia.

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan program untuk mengenalkan mahasiswa baru pada “rumah kedua” nya, serta berbagai macam aktivitas yang ada di dalamnya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa baru dapat lebih mudah beradaptasi dengan dinamika dan dialektika perkuliahan yang pastinya sangat berbeda dengan yang pernah dialami pada saat sekolah menengah atas. Mahasiswa baru akan dibekali pula dengan beberapa materi tentang kesadaran bela negara. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan generasi muda terhadap Pancasila dan NKRI yang kini terasa kian terkikis. Selamat bergabung di Keluarga Besar Fakultas Teknik USU di tangan anda tergenggam arah bangsa!

Mahasiswa baru yang diterima oleh Fakultas Teknik USU tahun ini berjumlah 1110 orang. Teknik Sipil 139 orang, Teknik Elektro 176 orang, Teknik Industri 180 orang, Teknik Kimia 182 orang, Arsitektur 190 orang, Teknik Mesin 193 orang, dan Teknik Lingkungan 50 orang. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan semakin banyaknya mahasiswa baru yang diterima, semoga semakin banyak pula sumberdaya manusia unggul yang akan dihasilkan oleh Fakultas Teknik USU.

Rangkaian acara pada Fakultas Teknik adalah Orientasi kegiatan Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bagi mahasiswa baru FT yang berjumlah 1110 orang dibagi menjadi tujuh kelas, yaitu Grup A (Macro 1) , B (Macro 2) , C (Macro 3), D (Macro 4), E (Macro 5), F (Macro 6) dan G (Macro 7) yang difasilitatori oleh Dosen dengan beberapa kegiatan, antara lain: Perkenalan Struktural FT USU, Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi di USU, Program General Education/PKM, Pengenalan Nilai Budaya, etika, tata kerama dan norma kehidupan kampus/Tata Nilai BINTANG, Merajut dan Memelihara Kebhinnekaan, Penyalahgunaan Narkoba, Kiat sukses/motivasi belajar di perguruan tinggi (akademik dan non akademik) serta menggali prospek dan peluang kerja setelah lulus dari perguruan tinggi, Motivasi dari Alumni FT USU, Pengenalan Teknopreneurship, Pengenalan Perpustakaan Pusat USU dan Akses Jurnal, Sosialisasi peraturan akademik program Sarjana/Diploma dan plagiarisme, Pembinaan gerakan nasional revolusi mental; Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri dan bersatu, Kehidupan berbangsa dan bernegara, Pembinaan kesadaran bela negara, Perguruan tinggi di era revolusi industri, Organisasi kemahasiswaan dan acara terakhir penutupan kegiatan PKKMB. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27, 28 dan 29 Agustus 2018.

Semua kegiatan PKKMB FT USU ini menanamkan nilai kebenaran, kejujuran, keadilan dan cinta tanah air.

Teknik bersatu....horas…horas…horas…

''Horas Tondi Mandingin Pir ma Tondi Matogu, Sayur Matua Bulung''

''Horas Banta Haganupan, Salam Habonaran do Bona''

''Horas Jala Gabe ma Dihita Saluhutna''

''Njuah-juah Mo Banta Karina''

''Majuah-juah Kita Krina''

Selamatlah kita semua.(ahn)