Launching Program Studi - Program Profesi Insinyur (PPI) USU

Medan-FT: Bertempat di Ruang Senat Lantai III Biro Pusat Adminstrasi USU segenap Pimpinan Universitas Sumatera Utara dan Pimpinan Fakultas dilingkungan USU, sejumlah undangan dari unsur Kemenristekdikti, Ikatan Alumni USU dan Para Mitra Kerja PS-PPI USU dari Instansi maupun Perusahaan hadir dalam rangka Launching Program Studi - Program Profesi Insinyur (PPI) USU pada Selasa, 30 Mei 2017. Acara dibuka oleh Ir. Seri Maulina, M.Si, Ph.D selaku Dekan FT USU dan launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, MHum. setelah tabuhan gong berbunyi, hadirin menyambutnya dengan tepuk tangan yang meriah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoA Universitas Sumatera Utara dengan PS-PPI USU. 

PPI 1    PPI b
     
 PPI c    PPI d

 

Kata Sambutan sekaligus Laporan Dekan Fakultas Teknik USU:
Bismillahirrahmanirrahim
 
Yang kami hormati :
Bapak Rektor Universitas Sumatera Utara beserta para Wakil Rektor
Para Dekan dan Ketua Program Studi di Lingkungan USU
Ir. Rudi Purwanto, Staf Ahli Mentri
Prof Dr Ir Djoko Santoso, MSc, IPU (Ketua Tim Ahli Keinsinyuran Kemristekdikti)
Ir. Rudhi Purwondho, MSc, IPM (Sekretaris Tim Ahli Program Profesi Insinyur Kemristekdikti)
Ketua Ikatan Alumni di Lingkungan Fakultas Teknik
Para mitra kerja PS-PPI USU dari instansi maupun perusahaan yang hadir pada hari ini …..PTPN 3, PTPN 4,..
dan seluruh undangan yang berhadir pada hari ini
Terimakasih atas kehadiran Bapak/Ibu semua.
 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur kita panjatkan kehadlirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia Nya sehingga kita dapat berkumpul pada tempat ini dalam rangka Launching Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Universitas Sumatera Utara.
 
Bapak Rektor dan hadirin sekalian
Izinkan saya menyampaikan laporan mengenai persiapan pembentukan PS-PPI hingga terlaksananya acara ini.
 
Lahirnya Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) USU dilandasi oleh Undang Undang RI Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dimana Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu dari 40 Universitas yang diberi mandat oleh Dikti untuk menyelenggarakan PS-PPI.
 
Berdasarkan hal tersebut kemudian Rektor menugaskan Fakultas Teknik USU melalui Dekan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan PS-PPI USU. Diawali dengan pembentukan tim yang bertugas mengumpulkan seluruh informasi terkait pembukaan program studi hingga penyusunan proposal kelayakan pembukaan program studi. Setelah memperoleh rekomendasi dari Dewan Pertimbangan Fakultas, selanjutnya proposal dibahas pada Rapat Senat Akademik Universitas Sumatera Utara. Banyak hal yang harus dilengkapi dan diperbaiki untuk kemudian akhirnya Rektor menerbitkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sumatera Utara Nomor 220/UN5.1.R/SK/PRS/2017 tanggal 10 Februari 2017 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Pada Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Surat Keputusan Rektor ini kemudian menjadi salah satu landasan operasional PS-PPI USU.
 
Persiapan untuk pembukaan dan operasional PS-PPI masih memerlukan proses lebih lanjut terkait hal-hal yang dibutuhkan oleh program ini untuk dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Di antaranya adalah kerjasama yang baik dengan program studi dan pihak berkompeten serta seluruh mitra kerja perusaahaan. Untuk itu kami mohon dukungan dan partisipasinya sehingga apa yang ingin diwujudkan melalui PS-PPI ini dapat terealisasi.
 
Demikian laporan ini kami sampaikan
Terimakasih atas kerjasama tim yang telah bekerja hingga acara Launching hari ini dapat berlangsung
Mohon maaf atas segala kekurangan
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh