Sejarah Berdirinya Fakultas Teknik USU

 ftusu

Pendirian Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) diawali dengan keluarnya Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 18 Januari 1958, No 5/XII/PSU tentang pembentukan suatu Panitia Teknis Pembentukan Fakultas Teknik di Sumatera Utara dengan tugas menyelidiki kemungkinan-kemungkinan pendirian sebuah Fakultas Teknik di Sumatera Utara, yang hasilnya akan disampaikan selambat-lambatnya dalam waktu satu bulan.

 
Untuk merealisasi usaha-usaha persiapan ke arah terbentuknya Fakultas Teknik USU, maka Departemen P&K mengeluarkan Surat Keputusan No.2855/S tertanggal 16 Maret 1959 tentang pembentukan suatu panitia yang bertugas mempersiapkan Pembentukan Fakultas Teknik pada Universitas Sumatera Utara. Panitia ini bekerja terhitung mulai tanggal 1 Januari 1959.
 
Akhirnya usaha-usaha tersebut dapat berhasil dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Muda Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No.83303/ S tertanggal 26 Agustus 1959 tentang persiapan berdirinya Fakultas Teknik di Medan yang bernaung di bawah panji-panji Universitas Sumatera Utara terhitung mulai tanggal 1 September 1959 Fakultas resmi berdiri dan tahun tersebut dijadikan sebagai awal tahun berdirinya. Saat ini terdapat 7 (tujuh) Departemen di Fakultas Teknik USU yaitu: Departemen Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan atau yang biasa disingkat dengan istilah “SIMETRIKAL”.
 
Setelah menjadi salah satu dari 7 PTN-BH melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tanggal 28 Februari 2014 tentang Statuta Universitas Sumatera Utara, ditetapkan visi USU adalah “menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global”.  Pada dokumen Renstra USU 2015-2019 dan Rencana Jangka panjang USU 2015-2039 telah ditetapkan keunggulan akademik yang akan dikembangkan USU untuk bersaing pada tataran global. Keunggulan akademik yang berkarakteristik Sumatera Utara ini disingkat TALENTA penjabarannya adalah Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic). TALENTA adalah produk yang akan menjadi keunggulan akademik seperti tuntutan visi pada Statuta USU.
 
Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) sejak pendiriannya tahun 1959 dalam perkembangannya sebagai Fakultas yang terkonsentrasi dalam bidang sains dan teknologi telah menghasilkan 13798 alumni, sampai dengan tahun Pebruari 2016, yang berkarya di berbagai bidang. Tahun-tahun mendatang akan memberikan tantangan yang besar bagi FT USU untuk terus meningkatkan performansi dan reputasinya sebagai lembaga pendidikan tinggi dan pusat sains dan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar dunia. Disamping itu, karakter unggul lulusan yang berkualifikasi tinggi di bidang sains, teknologi, ilmu sosial dan kemanusiaan akan mampu memberikan solusi atas tantangan pembangunan yang dihadapi bangsa.