Menu Tutup

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara FT USU dengan PT. Toba Pulp Lestari , Tbk (TPL).

PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) melakukan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU), Jum’at pagi (14/6/2019) digedung Rektorat ruangan IMT GT USU. Perjanjian kerjasama kedua belah pihak ini juga mencakup berbagai bidang diantaranya melaksanakan berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia untuk industri, mencakup kuliah kerja praktik dengan prioritas bidang teknik kimia, mesin, industri, elektro, dan lingkungan. PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) melakukan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU), Jum’at pagi (14/6/2019) digedung Rektorat ruangan IMT GT USU. Perjanjian kerjasama kedua belah pihak ini juga mencakup berbagai bidang diantaranya melaksanakan berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia untuk industri, mencakup kuliah kerja praktik dengan prioritas bidang teknik kimia, mesin, industri, elektro, dan lingkungan. 

“Karakter masing-masing institusi selalu berbeda termasuk dengan perusahaan, perguruan tinggi fokusnya bagaimana menghasilkan alumni terbaik dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Perguruan tinggi sangat berhubungan dengan dunia industri. Kerjasama ini menurut saya sangat baik, dan FT USU menjadi ujung tombak peningkatan SDM bagi keduanya,” sebut Wakil Rektor III USU Bidang Riset dan Pengabdian Masyarakat, Drs. Mahyuddin K.M. Nasution, MIT., Ph.D.

Penandatanganan kerjasama keduanya diikuti dengan penyampaian materi kuliah umum, kepada sejumlah mahasiswa, dan kalangan akademik program study FT USU S1, S2 dan S3, serta dua program profesi arsitektur dan insinyur. Kuliah umum singkat yang dibawakan oleh Talent Manager Head TPL Ir. Zainul Arifin yang juga alumni Teknik Kimia USU 83, mengenai kegiatan dan aktivitas perusahaan dalam mengelola Hutan Tanaman Industri (HTI), mulai dari pembibitan Eucalyptus sampai proses pengolahan bubur kertas (Pulp) secara berkesinambungan.

Wakil Direktur Utama TPL Wilim mengungkapkan kerjasama pihak perusahaan bersama FT USU kali ini, diharapkan memberikan nilai positif bagi dunia industri dan perguruan tinggi. Menurutnya kerjasama ini adalah yang pertama dengan program yang lebih luas dari berbagai bidang. Bahkan pihaknya berharap akan terjalin kerjasama dalam pengembangan potensi SDM para karyawan TPL melalui program strata 2 (S2). “Ini pertama kali kita kerjasama dengan dunia pendidikan dengan sekala yang lebih luas, selama ini hanya dengan pemberian beasiswa tingkat SMA, Diploma, S1. Kedepan kita melakukan kerjasama yang sama untuk pengembangan potensi karyawan dengan S2. Terbukanya kerjasama dengan penelitian dan juga bidang praktek kerja untuk mencapai sertifikasi insinyur. Di sisi lain kita juga akan melakukan penelitian bersama, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi,” sebut Wakil Direktur Utama TPL ini.

Kerjasama dan tanggung jawab antara TPL dan FT USU tercatat dalam kontrak perjanjian selama 5 (lima) tahun. Mewakili pihak USU penandatanganan dilakukan oleh Dekan FT USU Ir. Seri Maulina, M.Si., Ph.D. Menurutnya kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas dan kualifikasi bagi FT USU. “Ini merupakan hari yang sangat penting bagi FT USU, dalam meningkatkan pengalaman bagi mahasiswa dan staf pengajar. TPL adalah  perusahaan industri  yang memiliki teknologi dan pengalaman yang dibutuhkan oleh universitas dan mahasiswa. Kami sangat apresiasi terhadap kegiatan ini,” sebut Seri Maulina selepas penandatangan dan pemberian cenderamata kedua belah pihak.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Recruitmen Head TPL Irwan Kelana Putra, Social Capital Stakeholder Officer Rahmat Hidayat Matondang, serta Corporate Communication (Corpcom) Officer TPL Dedy Armaya, serta para Ketua dan Sekretaris Program Studi di lingkungan FT USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *