Program Studi PPAr

Keberadaan Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek USU (PPAr USU) mengacu kepada beberapa peraturan yang menjadi landasannya, yaitu:
1. UU RI no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
2. UU RI no.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
3. Peraturan Presiden no.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi
5. Peraturan Menteri Pnedidikan dan Kebudayaan nomor 81 tahun 2013 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikan Profesi Pendidikan Tinggi.
6. Rencana Strategis (Renstra) USU 2015-2019
7. Rencana Strategis (Renstra) USU 2016-2020
8. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Arsitek

Dalam rangka memenuhi SK Dirjen No.1462/C/Kep/VI/2016, maka Program Studi juga merujuk kepada aturan pembelajaran yang telah direkomendasikan IAI dalam Dokumen Penyusunan Standar Pendidikan Kurikulum dan Capaian Pembelajaran Pendidikan Profesi Arsitek revisi 2017 yang direkomendasikan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI yang disusun sesuai dengan standar dari UIA (Union of Architects), bahwa Pendidikan Profesi Arsitek berada pada jenjang pendidikan Level 7 KKNI, dengan capaian pembelajaran yang diuraikan dalam tiga unsur, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan khusus dan ketrampilan umum dan merupakan hasil turunan dari Profil Lulusan Program Studi untuk menghasilkan Calon Arsitek yang Profesional.

VISI, MISI & TUJUAN

Visi keilmuan Pendidikan Profesi Arsitek USU tidak dapat terlepas dari visi USU yang membawahinya, yaitu Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan
akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global. Untuk mendukung visi USU tersebut, Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek USU menyusun visinya untuk Menjadi komunitas akademik terbaik peringkat nasional tahun 2030 dalam penyelenggaraan pendidikan arsitek profsional yang mampu mendidik mahasiswa untuk dapat berkarya dalam rangka menciptakan lingkungan binaan secara harmonis, mencerahkan dan memperkaya khasanaah kehidupan bagi masyarakat luas.

  1. Menghasilkan lulusan yang berstandar nasional dan berwawasan global yang mampu bersaing dengan lulusan PS Teknik Elektro Perguruan Tinggi lain.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan berorientasi pada pengembangan keilmuan Teknik Elektro.
  3.  Mengembangkan ilmu dan teknologi inovatif yang dapat memberi sumbangan pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dengan menjunjung tinggi etika dan moral.
  4. Meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  5. Menghasilkan karya inovatif dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berguna bagi masyarakat.
  6. Bertambah dan meningkatnya jalinan link and match antara program studi dengan dunia industri.
  7. Meningkatnya kuantitas maupun kualitas sarana pembelajaran dan laboratorium serta fasilitas kegiatan ekstrakurikuler