Program Studi PPI

Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PS PPI) sebagai lingkup dari amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan Peraturan
Pemerintah Nomor 25 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UndangUndang Nomor 11 Tahun 2014, merupakan upaya pemerintah mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi dalam waktu yang mendesak.

PS PPI berdiri pada 10 Februari 2017 atas Surat Keputusan Rektor Universitas Sumatera Utara tentang izin penyelenggaraan PS PPI di Fakultas Teknik USU. Pada 13 Oktober 2020 PS PPI telah mendapat Akreditasi B dari BAN-PT.

Universitas Sumatera Utara sebagai salah satu perguruan tinggi penerima mandat dari Kemenristekdikti, saat ini telah menghasilkan 185-lulusan pada yang merupakan lulusan dari Angkatan I s/d 6 melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Saat ini PS PPI FT USU sedang melaksanakan penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan ke VIII Jalur RPL dan Jalur Reguler.

VISI, MISI & TUJUAN

Menjadi Program Studi Keinsinyuran yang Unggul dan Berdaya Saing Global dalam Kualitas Keilmuan dan Kemahiran Profesi Insinyur

Menyiapkan lulusan dengan identitas keinsinyuran yang berkarakter, berpengetahuan, berkemahiran, bermartabat dan berkualitas, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional serta menjadikan kampus USU sebagai pusat Program Profesi Keinsinyuran.

  1. Menghasilkan lulusan yang berstandar nasional dan berwawasan global yang mampu bersaing dengan lulusan PS Teknik Elektro Perguruan Tinggi lain.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan berorientasi pada pengembangan keilmuan Teknik Elektro.
  3.  Mengembangkan ilmu dan teknologi inovatif yang dapat memberi sumbangan pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dengan menjunjung tinggi etika dan moral.
  4. Meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  5. Menghasilkan karya inovatif dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berguna bagi masyarakat.
  6. Bertambah dan meningkatnya jalinan link and match antara program studi dengan dunia industri.
  7. Meningkatnya kuantitas maupun kualitas sarana pembelajaran dan laboratorium serta fasilitas kegiatan ekstrakurikuler