Program Studi Teknik Lingkungan

Saat ini sejumlah permasalahan lingkungan telah timbul dan berdampak serius pada tanah, air dan udara. Ketika globalisasi terus bergulir sementara bumi secara alamiah tetap mengalami proses naturalisasi, banyak permasalahan lingkungan yang timbul cenderung tidak tersentuh dan terabaikan oleh manusia. Berbagai problem seperti polusi udara, pemanasan global, hujan asam, buangan limbah industri, limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), kerusakan ozon, pencemaran air, sampah, kerusakan hutan, sungai dan laut, rusaknya terumbu karang, buruknya infrastruktur sanitasi dan drainase merupakan masalah lingkungan yang harus ditangani secara bijaksana. Untuk itu, kebutuhan akan sarjana teknik lingkungan yang terampil dan berkarakter menjadi kian penting sebagai salah satu solusi dalam menangani masalah-masalah lingkungan hidup. Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, khususnya dalam hal penyediaan sarjana-sarjana teknik lingkungan yang terampil dibidangnya, pada tanggal 6 November 2011, Rektor Universitas Sumatera Utara mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 2359/UN5.1.R/SK/PRS/2011 sebagai tanda berdirinya Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan. Tidak lama setelah terbitnya SK Rektor tersebut, Program Studi Teknik Lingkungan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2012/2013.

VISI, MISI & TUJUAN

“Menjadi Program Studi Teknik Lingkungan yang unggul dalam bidang infrastruktur dan manajemen lingkungan yang berdaya saing global pada tahun 2020”.

  1. Membangun keunggulan dalam pendidikan secara profesional dalam bidang teknik lingkungan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan berjiwa enterpreneur.
  2. Melakukan penelitian yang berkualitas dalam bidang infrastruktur dan manajemen lingkungan untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup melalui aktivitas edukatif dan jasa konsultasi secara professional
  1. 1. Menghasilkan lulusan sarjana Teknik Lingkungan yang unggul secara akademik, profesional, berdaya saing global, berwawasan kewirausahaan, serta bertata nilai utama BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Inovatif yang berintegritas serta Tangguh dan arif).
  2. Menghasilkan pengetahuan dan teknologi di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan melalui penelitian yang dapat dipublikasi dan berkontribusi pada peningkatan taraf kehidupan masyarakat, bangsa dan umat manusia.
  3. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan masalah bidang infrastruktur dan manajemen lingkungan melalui aktivitas edukatif, jasa konsultasi, dan professional.
  4.  Penguatan organisasi melalui implementasi sistem penjaminan mutu.
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen dan tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan dan penelitian, serta suasana akademik yang kondusif
    untuk menjaminmutu akademik.